Kesehatan

WHO Nilai Penyakit X Lebih Ganas dari Covid-19, Begini Cara Mencegahnya

fin.co.id - 24/01/2024, 08:40 WIB

Ilustrasi penyakit X

FIN.CO.ID - Organisasi kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menilai penyakit X lebih ganas ketimbang Covid 19.

Walau peneliti belum mengetahui keberadaan virus X, WHO melakukan perencanaan untuk melawan virus X dan mempersiapkan sistem kesehatan.

Pada 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumpulkan 300 ilmuwan untuk melakukan penelitian terhadap 25 keluarga virus dan bakteri, dengan tujuan membuat daftar patogen yang dianggap berpotensi menyebabkan malapetaka dan perlu dipelajari lebih lanjut.

"Penyakit X termasuk dalam daftar tersebut, yang pertama kali diakui oleh WHO pada 2018," kata WHO dilansir oleh CBS news pada Selasa, 23 Januari 2024.

BACA JUGA:

Penyakit X merupakan virus pernafasan, pada umumnya menyebar melalui kontak langsung antara manusia, seperti penularan melalui droplet saat seseorang batuk atau bersin.

Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah, mulut, atau mata.

Namun penyakit X dapat dicegah jika disiplin melakukan penggunaan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker.

Berikut ini akan memberikan cara pencegahan penyakit X yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Cara Pencegahan penyakit X

Organisasi kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan penyakit ini bisa menyerang kapan saja. Meski belum teridentifikasi secara pasti berikut ini akan berikan pencegahannya.

1.Jaga kebersihan tangan

Cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air, terutama setelah kontak dengan orang atau permukaan yang mungkin terkontaminasi.

2. Memakai masker

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->