Kesehatan

6 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan, Mampu Sembuhkan Asam Lambung Hingga Diabetes

fin.co.id - 23/01/2024, 10:01 WIB

Ilustrasi Black Garlic

FIN.CO.ID - Apakah kalian sudah tahu jika black garlic atau bawang hitam sangat bagus untuk kesehatan ? bahan alami ini banyak manfaatnya.

Black garlic merupakan bawang hasil fermentasi dari bawang putih yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Selama berada pada fase fermentasi, bawang putih akan mengalami perubahan warna menjadi hitam. Tak hanya itu, teksturnya juga lebih kenyal dan lembut, serta rasanya sedikit asam.

Bila mengkonsumsi black garlic dapat menyembuhkan diabetes, asam lambung, hingga kesehatan jantung.

Bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi lainnya. Mulai dari vitamin C, B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, hingga zat besi.

Karena banyak kandungan nutrisinya, bawang hitam memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa manfaat black garlic yang dilansir dari halodoc pada Selasa, 23 Januari 2024.

BACA JUGA:

Manfaat Black Garlic

Kesehatan Jantung

Bawang hitam memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan dari senyawa bioaktif di dalamnya. Sifat ini baik untuk menunjang kesehatan jantung, dengan cara memberikan perlindungan terhadap sel yang berada pada sistem kardiovaskular. 

Senyawa juga berperan sebagai penghambat pembentukan protein dan enzim yang menjadi penyebab peradangan. Manfaat bawang ini membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol  dalam darah.

Studi dalam Frontiers in Physiology turut menyebutkan, bawang hitam dapat membantu mengoptimalkan peredaran darah sekaligus menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan kardiovaskular.

Komplikasi Penyakit Gula

Bawang hitam dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu menurunkan trigliserida dan kolesterol.

Hal ini karena kandungan antioksidan dan senyawa S-Allylcysteine [SAC] pada bawang hitam yang terbilang tinggi. 

Kandungan antioksidan pada makanan telah lama berkaitan dengan penurunan risiko yang berhubungan dengan penyakit kencing manis ini. Selain itu, ini juga mencegah munculnya komplikasi karena masalah kesehatan tersebut.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->