Kesehatan

Organisasi WHO Peringatkan Bahaya Penyakit X, Ini Efek dan Langkah yang Dipersiapkan

fin.co.id - 20/01/2024, 19:18 WIB

Ilustrasi Alat pelindung diri (APD) dari Penyakit X

BEKASI, FIN.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan kepada dunia, terkait penyakit X atau penyakit baru yang belum dikenal.

Peringatan yang diberikan oleh WHO disampaikan, karena penyakit X memiliki potensi membahayakan kesehatan di seluruh dunia.

Penyakit X dikabarkan, dapat 20 kali lipat lebih mematikan, apabila dibandingkan Covid-19 yang sebelumnya pernah menjadi pandemi di dunia.

Meski Penyakit X belum diketahui secara pasti, peneliti, ilmuwan dan juga pakar telah melakukan strategi preventif untuk menghadapi kemunculan virus tersebut.

BACA JUGA :

Melalui Forum Ekonomi Dunia, para peneliti menyusun strategi perencanaan guna menghadapi ancaman penyakit X yang bisa sewaktu waktu timbul.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, pihaknya tengah menerapkan langkah untuk mempersiapkan kemungkinan wabah penyakit X timbul.

Salah satu persiapannya adalah dana pandemi dan pusat transfer teknologi di Afrika Selatan, yang mungkin akan memproduksi vaksin secara lokal. 

Selain itu, pihaknya akan berupaya untuk membantu mengatasi masalah kesenjangan vaksin di negara-negara yang berpenghasilan tinggi dan rendah.

BACA JUGA :

Menurutnya, pencegahan Penyakit X atau yang belum diketahui ini, sangat membutuhkan komitmen dan kerja sama seluruh pihak internasional.

Rencana pencegahan Penyakit X tersebut, diantaranya mencakup :

  • Pemetaan peningkatan kapasitas rumah sakit
  • Peningkatan pasokan obat
  • Adopsi teknologi baru untuk mendukung kinerja tenaga medis. 

Secara ekonomi, pihaknya juga akan menyiapkan langkah pencegahan penyakit X, sehingga diharapkan dapat meminimalkan biaya akibat pandemi.

Rencana ini bertujuan, agar tidak menimbulkan kepanikan, khususnya di kalangan masyarakat seluruh dunia akibat penyakit X.

Tuahta Aldo
Penulis
-->