Otomotif

Sering Disepelekan, Ini Kebiasaan Buruk yang Membuat AC Mobil Menjadi Tidak Dingin

fin.co.id - 2024-01-12 15:00:00 WIB

Mengapa AC Mobil Gak Dingin, Image oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Air Conditioner (AC) mobil, salah satu fitur utama yang dapat meningkatkan kenyamanan pengendara selama di perjalanan.

Fitur AC di dalam mobil sangatlah penting, karena berfungsi untuk memastikan suhu di dalam kabin mobil tetap sejuk selama perjalanan.

Namun tanpa disadari, terdapat beberapa kebiasaan buruk pengemudi, yang dapat mempercepat kerusakan AC mobil sehingga tidak dingin.

Berikut dibawah ini, fin.co.id telah merangkum beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihindari oleh para pengemudi, agar AC tidak rusak dan tetap dingin.

BACA JUGA :

1. Membuka Kaca Saat AC Menyala

Hal ini menjadi salah satu penyebab AC Mobil menjadi cepat rusak dan tidak dingin, karena kotoran dan debu dari luar dapat masuk ke kabin mobil.

Kotoran dan debu yang masuk ke dalam kabin mobil, akan ikut bersirkulasi di dalam sistem pendingin AC dan akhirnya mengendap di evaporator.

2. Merokok di Dalam Kabin Mobil

Selain kotoran dan debu, kebiasaan merokok di dalam kabin mobil juga dapat menyebabkan filter kabin atau evaporator cepat kotor.

Ketika pengendara merokok dengan AC menyala, asap akan bersirkulasi bersama udara, sehinggai ikut melewati beberapa komponen dan menyebabkan evaporator lengket dengan noda yang sulit dibersihkan.

BACA JUGA :

3. Tidak Menjaga Kebersihan Kabin

Sering disepelekan pengemudi, tidak menjaga kebersihan kabin mobil, tentunya dapat menyebabkan AC cepat rusak dan menjadi tidak dingin.

Di dalam kabin, debu akan beterbangan dan akan menempel pada komponen AC khususnya evaporator dan filter kabin, sehingga tidak akan dingin.

Admin
Penulis