Kesehatan

4 Cara Memutihkan Badan: Salah Satunya dengan Mikrodermabrasi

fin.co.id - 02/01/2024, 12:41 WIB

4 Cara Memutihkan Badan: Salah Satunya dengan Mikrodermabrasi

Cara Memutihkan Badan, Image: Andrea Piacquadio / Pexels

4 Cara Memutihkan Badan - Banyak orang yang ingin memiliki kulit putih dan bersih, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkannya secara alami. 

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi warna kulit, seperti genetik, paparan sinar matahari, polusi, gaya hidup, dan sebagainya. 

Untuk itu, banyak orang yang mencari cara memutihkan badan dengan berbagai metode, salah satunya adalah prosedur medis.

Prosedur medis adalah cara memutihkan badan yang dilakukan oleh dokter atau ahli kecantikan dengan menggunakan alat, obat, atau bahan tertentu. 

Prosedur medis biasanya lebih cepat dan efektif dalam menghasilkan kulit putih, tetapi juga memiliki risiko dan biaya yang lebih tinggi. 

Cara Memutihkan Badan

Beberapa contoh prosedur medis untuk memutihkan badan adalah:

  1. Suntik putih
  2. Laser skin resurfacing
  3. Chemical peeling
  4. Mikrodermabrasi

Suntik putih

Cara memutihkan badan yang pertama adalah dengan suntik putih. Suntik putih adalah prosedur yang menggunakan zat pemutih, seperti glutathione, vitamin C, atau asam traneksamat, yang disuntikkan ke dalam tubuh. Zat pemutih ini bertujuan untuk menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan kulit gelap. Suntik putih bisa memberikan efek langsung, tetapi juga bisa menimbulkan efek samping, seperti alergi, infeksi, kanker, atau gagal ginjal.

Laser skin resurfacing

Cara memutihkan badan yang kedua adalah dengan laser skin resurfacing. Laser skin resurfacing adalah prosedur yang menggunakan sinar laser untuk mengangkat lapisan kulit yang rusak atau gelap, dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih cerah dan halus. Laser skin resurfacing bisa mengatasi masalah kulit, seperti noda, flek, kerutan, atau bekas luka. Prosedur ini membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama, dan bisa menyebabkan iritasi, memar, atau infeksi.

Chemical peeling

Cara memutihkan badan yang ketiga adalah dengan chemical peeling. Chemical peeling adalah prosedur yang menggunakan bahan kimia, seperti asam glikolat, asam salisilat, atau asam trikloroasetat, yang dioleskan ke kulit. Bahan kimia ini akan mengelupas lapisan kulit terluar yang kusam atau gelap, dan mempercepat regenerasi kulit. Chemical peeling bisa membuat kulit lebih cerah, bersih, dan kencang. Namun, prosedur ini juga bisa menyebabkan kemerahan, perih, atau luka bakar.

Mikrodermabrasi

Cara memutihkan badan yang keempat adalah dengan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah prosedur yang menggunakan alat berupa tabung vakum yang dilengkapi dengan kristal halus, seperti aluminium oksida atau sodium bikarbonat, yang digosokkan ke kulit. Alat ini akan mengikis lapisan kulit mati dan menghisapnya keluar. Mikrodermabrasi bisa membantu mencerahkan kulit, menghilangkan komedo, dan mengurangi pori-pori. Prosedur ini relatif aman dan minim efek samping, tetapi membutuhkan beberapa kali sesi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah beberapa cara memutihkan badan dengan prosedur medis yang bisa kamu coba. Namun, sebelum melakukan prosedur medis, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan yang profesional dan berpengalaman. 

Jangan lupa juga untuk merawat kulitmu dengan baik setelah melakukan prosedur medis, seperti menggunakan tabir surya, pelembap, dan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Makruf
Penulis
-->