Kesehatan

Tanda-tanda Anemia yang Mungkin Terabaikan: Waspadai Gejala Ini

fin.co.id - 15/12/2023, 22:33 WIB

Tanda-tanda Anemia yang Mungkin Terabaikan: Waspadai Gejala Ini

fin.co.id - Berikut ini adalah gejala umum Anemia yang bisa menjadi pengingat agar tetap waspada untuk tetap menjaga kesehatan.

Anemia adalah kondisi medis yang terjadi ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh di bawah level normal.

Sel darah merah dan hemoglobin berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Ketika jumlahnya berkurang, ini dapat menyebabkan masalah dalam pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala Anemia

1. Kelelahan yang Berlebihan

Rasa lelah yang tidak wajar bahkan setelah beristirahat yang cukup merupakan salah satu tanda anemia yang sering muncul.

BACA JUGA:

Orang dengan anemia sering merasa kekurangan energi dan juga merasa tidak bertenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Kulit Pucat

Penurunan jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin dalam darah dapat menyebabkan kulit tampak pucat. Hal ini terjadi karena sel darah merah bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan sel darah merah menyebabkan anemia--freepik.com

3. Sesak Napas dan Detak Jantung Cepat

Kurangnya oksigen dalam darah akibat anemia dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan meningkatkan detak jantung. Gejala ini mungkin muncul saat melakukan aktivitas fisik atau bahkan saat sedang istirahat.

4. Pusing dan Kepala Berat

Kekurangan oksigen yang dialami penderita anemia dapat memengaruhi aliran darah ke otak, yang menyebabkan pusing, kepala terasa berat, atau dalam beberapa kasus, pingsan.

Brigita
Penulis
-->