Kesehatan

Wabah Pneumonia Merebak di Indonesia, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

fin.co.id - 06/12/2023, 07:20 WIB

Wabah Pneumonia Merebak di Indonesia, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

Ilustrasi Pneumonia

FIN.CO.ID - Berikut ini kenali gejala dan cara mengobati wabah pneumonia yang mulai merebak di Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menemukan kasus pasien terpapar Pneumonia telah masuk ke Indonesia dan ditemukan di Jakarta.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi meminta agar masyarakat kembali disiplin memakai masker.

"Sudah ada laporan lisan dari fasilitas kesehatan (faskes) dan saat ini sedang dalam tahap konfirmasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Masyarakat diimbau memakai masker sebagaimana mestinya," katanya, Selasa, 5 Desember 2023.

BACA JUGA:

Kemenkes konfirmasi pasien yang dirawat kepada Dinkes DKI Jakarta, dan berdasarkan informasi terbaru dari fasilitas kesehatan yang menangani, pasien mengalami gejala ringan dan sedang dirawat jalan.

Bagi kalian penasaran mengenai wabah Pneumonia yang merebak di China tersebut, simak ulasan di bawah ini yang dilansir dari halodoc pada Rabu, 6 Desember 2023.

Wabah Pneumonia

Pneumonia merupakan kondisi seseorang mengalami infeksi pada kantung  udara dalam paru-paru.

Kantung udara yang terinfeksi terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen), wabah ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, sampai kesulitan bernapas.

Penyebab utama dari gangguan inflamasi ini adalah infeksi virus, bakteri, ataupun jamur.

Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah di Indonesia. Penyakit ini bukan hanya dapat menimpa orang dewasa, melainkan juga terjadi pada anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir.

BACA JUGA:

Gejala Pneumonia

Gejala wabah ini seperti demam dan bantuk. Namun Pneumonia memiliki durasi yang lebih lama bila dibandingkan flu biasa.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->