News

Soal Mundur atau Cuti Sebagai Wali Kota Surakarta Jelang Pilpres 2024, Begini Jawaban Gibran

fin.co.id - 14/11/2023, 16:41 WIB

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

FIN.CO.ID - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka masih belum bisa memutuskan mundur atau cuti selama mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Calon wakil presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka berjanji akan memberi tahukan pada waktunya. 

"Ya nanti dulu ya, nanti saya kabari," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 14 November 2023.

Selama melakukan kegiatan safari politik di berbagai daerah sebagai calon wakil presiden, Dia menjelaskan bahwa seluruh tugas-tugasnya sebagai kepala daerah tidak pernah terganggu. Sebab dia melakukan kegiatan politik saat hari libur.

"Selama ini saya perginya hanya Sabtu Minggu atau seperti sekarang. Ini harusnya cuti untuk ambil nomor, tapi saya perginya (ke Jakarta, red) baru sore," katanya.

BACA JUGA:

Meski demikian, ia berjanji akan menindaklanjuti masalah cuti dan keperluan lainnya.

"Yang jelas, saya masih fokus untuk pekerjaan-pekerjaan di Solo," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/11) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selanjutnya, KPU RI mengundang tiga pasangan capres-cawapres dan partai politik pengusung untuk menghadiri acara pengundian nomor urut pasangan calon pada Selasa malam.

BACA JUGA:

"Rencananya tanggal 14 November dimulai pukul 18.30 WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Resmi Terdaftar Jadi Peserta Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah KPU RI melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan ketiga pasangan tersebut.

"Telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu serentak 2024," kata Komisioner KPU RI Idham Holik dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin 13 November 2023.

Gatot Wahyu
Penulis
-->