MEGAPOLITAN

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Rel Kereta Cikarang Bekasi Hingga Cikampek Dilakukan Pemeriksaan

fin.co.id - 14/11/2023, 20:55 WIB

Petugas PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan inspeksi jalur rel kereta api

BEKASI, FIN.CO.ID - Menjelang libur natal dan tahun baru 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melakukan inspeksi di rel lintas Cikarang Bekasi hingga Cikampek.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Iwan Eka Putra mengatakan, inspeksi dilakukan mulai dari Stasiun Cikarang Kabupaten Bekasi menggunakan Dresin.

“Jajaran Management KAI Daop 1 melakukan inspeksi, untuk memastikan secara langsung bahwa pemeliharaan dan pengendalian resiko keselamatan di area stasiun serta lingkungannya sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai tugas pokok dan fungsi,” kata Iwan Eka Putra dalam keterangan resminya,

Menurutnya kondisi cuaca yang sangat panas, dapat mempengaruhi kondisi kontruksi material prasarana serta kondisi petugas yang sedang bekerja di lintasan kereta.

"Inspeksi ini dilakukan guna persiapan angkutan Nataru 2023/2024, khususnya pengecekan fasilitas operasional, fasilitas pendukung perjalanan KA, hingga kemampuan SDM dalam mengamankan dan menjaga perjalanan KA agar selamat, aman, lancar dan terkendali," jelasnya.

BACA JUGA :

Terdapat 8 stasiun yang dilakukan pemeriksaan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta diantaranya Cikarang, Lemahabang, Kedung gedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan dan Cikampek.

Kelengkapan administrasi, fasilitas stasiun, kecakapan petugas, serta prasarana perjalanan KA, menjadi fokus utama yang diperiksa oleh PT KAI Daop 1 Jakarta.

"Pengawasan melekat (Waskat) tetap diperlukan dalam menjamin keselamatan perjalanan kereta api, serta mendengarkan kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana mengambil tindakan dalam mendapatkan solusi yang tepat” ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan di lapangan, seluruh jalur mulai Stasiun Cikarang Bekasi hingga Stasiun Cikampek dinyatakan aman dan siap dilintasi rangkaian kereta jelang libur Nataru.

Pihaknya meminta peran serta masyarakat sekitar, untuk menjaga keamanan di sekitar agar tidak melakukan aktifitas di jalur Kereta Api.

Tuahta Aldo
Penulis
-->