Otomotif

Bagaimana Cara Kerja Motor Listrik dan Tips Merawatnya? Kenali Dulu Sebelum Beli

fin.co.id - 2023-10-18 11:30:08 WIB

Bagaimana Cara Kerja Motor Listrik dan Tips Merawatnya?

FIN.CO.ID -  Pastinya kalian bertanya-tanya bagaiamana cara kerja motor listrik dan tips mewaratnya agar lebih awet.

Cara kerja motor listrik tentunya berbeda dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar. Selain itu kalian harus mengetahui cara merawat motor listrik agar tetap dalam kondisi prima ketika melaju di jalanan.

Cara kerja motor listrik yakni dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, sehingga dapat melaju layaknya motor yang memakai bahan bakar.

Motor listrik dikelompokkan menjadi tiga yakni motor DC, motor induksi, dan motor sinkron. Bagi kalian ingin memiliki motor listrik berikut ini akan bagikan cara kerja motor listrik.

BACA JUGA:

Cara Kerja Motor Listrik DC

Pemerintah ajak masyarakat gunakan motor listrik subsidi --

Dilansir dari Adira Finance, ,Cara kerja motor listrik DC mengandalkan elektromagnet dengan mengalirkan arus listrik pada kumparan sampai permukaan magnet utara.

Setelah mendapatkan aliran listrik, magnet akan bergerak dari utara ke kutub selatan. Kumparan magnet selatan nantinya akan bergerak menghadap ke arah kutub utara. Ketika kedua kutub saling berhadapan, akan timbul gaya tarik menarik kuat yang membuat kumparan berhenti bergerak.

Cara Kerja Motor Listrik Induksi

Motor induksi dilengkapi dengan dua bagian utama yang terdiri dari stator dan rotor. Stator merupakan bagian kumparan yang tidak bergerak dan membawa belitan tumpang tindih, sedangkan rotor membawa belitan utama.

cara kerja motor listrik induksi pada konstruksinya yang sederhana dengan putaran konstan. Motor ini menggunakan fenomena elektromagnet, dimana gaya gerak listrik induksi dan melintasi konduktor listriknya saat medan magnet berputar.

Cara kerja motor listrik induksi membutuhkan arus asut sekitar 5-6 kali arus nominal motor.

Cara Kerja Motor Listrik Sinkron

Cara kerja motor listrik ini tidak bergantung pada arus industri. Motor ini berdasarkan kecepatan tetap dengan adanya frekuensi tertentu.

Admin
Penulis