Teknologi

Content Creator Harus Tahu, Ini Cara Mengecek Penghasilan di TikTok

fin.co.id - 05/07/2023, 18:31 WIB

Aplikasi TikTok

Cek Pendapatan TikTok - Bagi seorang content creator TikTok, cara mengecek penghasilan yang didapat dari TikTok sangatlah penting untuk dipahami. Hal tersebut penting agar content creator dapat melihat income dari konten yang dibuat.

TikTok sendiri merupakan aplikasi berbagi video pendek, dengan durasi maksimum sampai 60 detik. Belakangan ini, aplikasi TikTok semakin populer dan banyak digunakan oleh beberapa kreator terkenal.

Di luar negeri, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok pria bernama Khaby Lame. Kalau Anda rutin menggunakan TikTok, maka kemungkinan besar Anda pasti pernah setidaknya satu kali melihat konten video dari akunnya.

BACA JUGA: 3 Game Penghasil Saldo DANA, Bisa Untung Ratusan Ribu Tiap Hari

Pria ini bisa terkenal setelah sering mengunggah konten video reaksi bisu, melalui fitur duet dan stitch di TikTok. Lewat aksinya melakukan reaction terhadap konten-konten lifehack yang rumit dan tidak masuk akal, Khaby kini sukses menjadi orang dengan jumlah followers terbanyak di TikTok.

Video viral yang dibuat oleh Khaby dan beberapa kreator lainnya, tentunya bisa mendatangkan cuan besar. Apalagi, baru-baru ini TikTok mulai membayar beberapa orang untuk konten yang mereka buat, dan semakin viral konten itu, semakin banyak uang yang didapatkan.

Namun, jika Anda punya banyak pengikut dan beberapa video Anda di TikTok viral, lalu bagaimana cara melihat penghasilan TikTok milik Anda?

BACA JUGA: 10 Unit Bus TransJakarta Bandara Soekarno Hatta - Kalideres Resmi Beroperasi

Cara Melihat Penghasilan TikTok

Secara umum, terdapat dua cara melihat penghasilan TikTok yang dimiliki content creator. Dua cara ini bergantung pada perangkat yang digunakan, yakni ponsel berbasis Android, dan iPhone, yang berbasis iOS.

1. Cara Melihat Penghasilan TikTok di Ponsel Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fitur Creator Funds memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang dari konten yang dibuat di TikTok. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat penghasilan TikTok Anda memakai fitur tersebut.

Apabila Anda menggunakan ponsel atau handphone (hp) berbasis Android, ikuti tutorial singkat di bawah ini mengenai cara melihat penghasilan TikTok:

BACA JUGA: Redmi Note 8: Handphone Rp 2 Jutaan dengan Kualitas Kamera Jernih

  • Pastikan Anda sudah instal aplikasi TikTok. 
  • Login ke TikTok dengan akun yang sudah tergabung dengan TikTok Creator Funds. 
  • Setelah login, pilih ikon Profil di pojok kanan bawah layar ponsel Anda. Kemudian di halaman Profil, ketuk tombol titik tiga di sudut kanan atas. 
  • Berikutnya, pilih menu Creator Tools. 
  • Ketuk bagian Creator Funds 
  • Lalu di halaman tersebut Anda bisa melihat penghasilan TikTok dari konten video yang Anda buat. 

2. Cara Melihat Penghasilan TikTok di iPhone 

Cara melihat penghasilan TikTok bisa juga dilakukan di ponsel iPhone yang menggunakan iOS. Bagaimana metodenya? Simak tutorial singkatnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok di iPhone. 
  • Login dengan akun yang terdaftar dalam Creator Funds. 
  • Klik ikon Profil. 
  • Setelah itu ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas. 
  • Pilih Creator Tools. Lalu ketuk bagian Creator Funds. 
  • Di bagian ini Anda bisa melihat penghasilan TikTok dari akun milik Anda.

3. Cara Melihat Penghasilan TikTok Sebagai Seller di TikTok Shop

BACA JUGA: Selain Johnny G Plate, FMAK Minta Kejagung Usut Dugaan Kasus Korupsi di Dua Kementerian Lainnya

Sekarang, TikTok tidak hanya dipakai untuk berbagi konten video saja. Di platform ini, Anda juga bisa menjual berbagai macam produk yang memenuhi syarat melalui fitur TikTok Shop.

Admin
Penulis
-->