Kesehatan

Payudara Gatal Bisa Jadi Tanda Masalah Serius, Kenali 8 Penyebabnya

fin.co.id - 31/05/2023, 12:23 WIB

Payudara Gatal Bisa Jadi Pertanda Serius, Image oleh Budapest/Magyarország dari Pixabay

Payudara Gatal Bisa Jadi Tanda Masalah Serius, Kenali 8 Penyebabnya - Payudara gatal memang hal yang umum terjadi, tapi jangan diabaikan begitu saja.

Bisa jadi itu pertanda ada sesuatu yang tidak beres di payudara kamu.

Makanya, penting banget buat tahu apa aja yang bisa menyebabkan payudara gatal.

Ini dia daftar penyebab payudara gatal yang perlu dikenali:

Penyebab Payudara Gatal #1: Kanker payudara

Ini penyebab paling serius yang harus kamu waspadai. Kanker payudara itu penyakit berbahaya yang bisa bikin payudara berubah bentuk, warna, atau keluar cairan dari puting. Kadang puting juga bisa tertarik ke dalam atau rata. Salah satu jenis kanker payudara yang jarang tapi agresif adalah inflammatory breast cancer (IBC), yang bikin payudara merah, bengkak, dan gatal banget.

Penyebab Payudara Gatal #2: Mastitis

Mastitis itu peradangan jaringan payudara yang sering dialami ibu menyusui. Mastitis bisa karena saluran air susu tersumbat atau kena infeksi bakteri. Mastitis bikin payudara nyeri, bengkak, merah, dan gatal, terutama pas menyusui.

Penyebab Payudara Gatal #3:

Jamur Jamur suka tumbuh di tempat yang lembab dan hangat, kayak di lipatan payudara. Jamur bisa bikin infeksi kandidiasis yang ditandai dengan ruam merah dan gatal.

Penyebab Payudara Gatal #4:

Iritasi Iritasi bisa karena gesekan dengan pakaian, bra, atau produk perawatan tubuh seperti sabun, lotion, atau parfum. Iritasi bikin rasa gatal, perih, dan luka pada payudara.

Penyebab Payudara Gatal #5:

Perubahan hormon Perubahan hormon bisa terjadi saat menstruasi, kehamilan, menyusui, atau menopause. Perubahan hormon bisa mempengaruhi ukuran dan sensitivitas payudara, sehingga bikin gatal.

Penyebab Payudara Gatal #6:

Pertumbuhan payudara Pertumbuhan payudara bisa terjadi saat pubertas, kehamilan, atau pertambahan berat badan. Pertumbuhan payudara bikin kulit meregang dan gatal.

Penyebab Payudara Gatal #7:

Bekas luka operasi Jika kamu pernah operasi payudara, bekas luka bedahnya bisa bikin gatal. Gatal-gatal di sekitar bekas luka bedah bisa terjadi lama setelah operasi.

Penyebab Payudara Gatal #8: Eksim dan kulit kering

Eksim itu peradangan kulit yang bikin kulit merah, bengkak, dan gatal. Psoriasis itu penyakit kulit yang bikin plak merah atau putih di kulit. Kedua kondisi ini bisa menyerang area payudara dan bikin gatal. Kulit kering juga bisa bikin gatal, apalagi kalau terpapar udara dingin atau kering.

Kalau kamu merasa payudara gatal terus-terusan atau ada gejala lain yang aneh, segera periksakan diri ke dokter ya. Jangan sampai telat mengobati penyakitnya.

Admin
Penulis
-->