Gejala dan Tanda Kanker Payudara

Gejala dan Tanda Kanker Payudara

Kenali Gejala Kanker Payudara dari Sekarang---Pixabay

Gejala dan Tanda Kanker Payudara - Berikut ini beberapa tanda dan gejala kanker payudara yang mungkin dialami perempuan yang wajib kalian ketahui.

Dokter Bedah Onkologi (Kanker) RSUPN Cipto Mangunkusumo I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana menjelaskan, 90 persen gejala kanker payudara yang dialami pasien adalah benjolan pada payudara yang tidak terasa nyeri.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

BACA JUGA:Menkes Budi Sadikin Minta Masyarakat Jangan Takut Deteksi Dini Kanker

"Justru ini yang perlu diwaspadai, gejala ini paling sering terjadi namun hal itu pula yang kerap diabaikan para penderita karena tidak ada rasa nyeri yang dihasilkan dari benjolan tersebut," kata dia dilansir Antara pada Senin, 13 Februari 2023.

Namun, ada gejala lain yang dapat terlihat lebih jelas dari kanker payudara, salah satunya adanya perubahan pada kulit di sekitar puting.

Perubahan ini tidak hanya sekedar berubah warna menjadi lebih gelap atau terang, melainkan timbulnya seperti luka atau kulit yang bereaksi akibat alergi.

"Terlihat seperti adanya luka dan alergi atau biasa seperti dermatitis," ujar Gunawan.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Stretch Mark, dari yang Murah hingga yang Butuh Biaya Besar

Gejala itu tidak terjadi tepat di puting, melainkan di daerah spesifik sekitar puting yaitu daerah areola.

"Tanda itu kita sebut namanya paget’s disease, kulit area itu terasa seperti terkelupas atau bersisik dan gatal," ujarnya menambahkan.

Pada penyakit paget pada payudara maka idealnya penderita selain waspada, harus mempertajam diagnosis, salah satunya dengan ultrasonografi (USG).

Teknologi USG yang sensitif, menurut Gunawan, akan mampu mendeteksi benjolan dalam payudara ukuran lima milimeter sekalipun.

BACA JUGA:Daftar Pantangan Asam Urat, Jangan Makan Ini Biar Gak Kambuhan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: