Nasional

Jokowi Ogah Jika Gibran Jadi Cawapres Dampingi Prabowo di Pilpres 2024: Janganlah

fin.co.id - 2023-05-25 21:49:14 WIB

Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka. (antara)

Jokowi Ogah Jika GIbran Jadi Cawapres Dampingi Prabowo di Pilpres 2024: Jangan lah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut ogah jika GIbran Rakabuming menajdi calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. 

Tidak maunya Jokowi jika Gibran menjadi cawapres diungkapkan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi. 

Diketahui nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka keluar dalam survei untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Tidak maunya Jokowi jika GIbran menjadi Cawapres karena anaknya tersebut baru menjabat sebagai Wali Kota Surakarta pada Februari 2021.

BACA JUGA: Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024, Sufmi Dasco Bilang Begini

“Pak Jokowi saya tanya, Pak Prabowo sama Gibran gimana? ‘Jangan lah, Gibran baru dua tahun (jadi wali kota)’,” kata Budi di Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan, Kamis 25 Mei 2023.

Budi menambahkan bahwa berdasarkan konstitusi yang berlaku, usia Gibran belum pula memenuhi syarat untuk maju sebagai bakal capres atau cawapres.

"Ada juga di beberapa daerah di Musra mengusulkan Mas Gibran sebagai wapres ya, cuma kan satu, konstitusi tidak memungkinkan," katanya.

Meskipun, lanjut dia, saat ini ada pihak yang tengah mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ketentuan batas usia minimal capres-cawapres.

BACA JUGA: Gibran Bikin Kejutan, Namanya Muncul Dampingi Prabowo dalam Bursa Cawapres Pemilu 2024

“Cuma kan apakah disetujui? Belum dong, belum putusan. Kalau belum putusan, kita pakai yang masih berlaku saja sekarang,” ujarnya.

Di sisi lain, Budi menganggap bahwa pertemuan antara Gibran dengan Prabowo di Surakarta pada Jumat 19 Mei 2023 bukanlah suatu permasalahan.

"Ya, enggak apa-apa lah orang mau ketemu masa dilarang. Pertemuan itu oke saja masa dilarang. Enggak ada masalah," ucapnya.

Pembicaraan di publik terkait kedekatan Gibran dengan Prabowo mencuat sejak pertemuan kedua tokoh politik itu di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (19/5) malam.

Admin
Penulis