Gibran Bikin Kejutan, Namanya Muncul Dampingi Prabowo dalam Bursa Cawapres Pemilu 2024

Gibran Bikin Kejutan, Namanya Muncul Dampingi Prabowo dalam Bursa Cawapres Pemilu 2024

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.-khanif lutfi-khanif lutfi

Gibran Bikin Kejutan, Namanya Muncul dalam Bursa Cawapres Pemilu 2024

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka muncul menjadi nama kejutan dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024. 

Hal tersebut berdasarkan hasil survei nasional terbaru Political Statistics (Polstat) Indonesia pada 1—10 Mei 2023 yang dirilis di Jakarta.

"Fenomena mengejutkan adalah munculnya nama Gibran Rakabuming Raka, tercatat 13,7 persen responden menilai Wali Kota Surakarta itu layak menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto," kata peneliti senior Polstat Indonesia Apna Pernama, Sabtu 20 Mei 2023.

Pendapat sebanyak 13,7 persen responden itu menempatkan Gibran, sang putra sulung Presiden RI Joko Widodo, di tempat ketiga dalam bursa cawapres pendamping Prabowo, bakal calon presiden (bacapres) Partai Gerindra.

BACA JUGA:Anies Blak-blakan Soal Cawapresnya di Acara Milad PKS, Sandiaga Uno atau AHY?

Gibran berada di bawah Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang dinilai 18,5 persen responden cocok mendampingi Prabowo serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (16,9 persen).

Kejutan lain dalam bursa cawapres Prabowo berdasar hasil survei Polstat adalah kenaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang biasanya tidak berada di level dua digit, kini memperoleh elektabilitas 10,3 persen dari responden atau peringkat keempat secara keseluruhan.

Sementara itu, untuk bursa cawapres pendamping bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang memperoleh dukungan 19,4 persen responden.

Kendati demikian, nama kejutan juga muncul dalam bursa cawapres Ganjar, yakni Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang dinilai 7,5 persen responden pantas mendampingi Ganjar.

BACA JUGA:Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi 68,2 Persen, Ini Sejumlah PR untuk Pemerintah

Meski angka itu hanya menempatkan Budi Gunawan di bawah Sandiaga, Ridwan Kamil (17,8 persen), Puan Maharani (11,5 persen), Erick Thohir (10,2 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (9,6 persen) dalam bursa cawapres Ganjar, peneliti senior Polstat Apna Permana meyakini terbukanya peluang Kepala BIN tersebut.

"Peluang Budi Gunawan menjadi cawapres Ganjar cukup terbuka, mengingat cawapres dalam era pilpres langsung sejak 2004 sosok yang terpilih menjadi cawapres selalu tokoh yang tidak memimpin di bursa survei," kata Apna.

Terlebih, Budi Gunawan juga diketahui sebagai sosok yang punya kedekatan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: