Kesehatan

Darurat Pandemi Covid-19 Berakhir, Tapi Kepaswadaan Tetap Dijaga

fin.co.id - 07/05/2023, 18:37 WIB

Ilustrasi Vaksin COVID 19

Darurat Pandemi Covid-19 Berakhir, Tapi Kepaswadaan Tetap Dijaga - Status darurat pandemi Covid-19 sudah dinyatakan berakhir.

Berakhirnya status pandemi Covid-19 diumumkan langsung Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Jumat, 5 Mei 2023.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat tetap meminta agar masyarakat, terutama kelompok rentan, untuk tetap waspada meski status darurat pandemi Covid-19 sudah berakhir.

"Data terakhir menyebutkan terjadi peningkatan kasus pada kelompok rentan. Tapi kita tidak boleh takut, mari sama-sama menjaga diri, karena bagaimanapun pandemi selamanya akan ada di bumi," katanya di Jakarta, Minggu, 7 Mei 2023.

 BACA JUGA:

Dia mengimbau kepada masyarakat yang merasa masuk ke dalam kelompok rentan, utamanya yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kesehatan.

"Bagi yang merasa kelompok rentan agar lebih meningkatkan kewaspadaan, dan untuk sesama mari kita saling menjaga," katanya.

Ia menuturkan pandemi akan terus ada di bumi, tetapi dengan kemajuan ilmu pengetahuan, tentu penyakit-penyakit tersebut bisa diatasi dengan baik.

Menurut Lestari, berdasarkan catatan dari masa ke masa, berbagai macam pandemi telah melanda bumi. Flu awalnya juga pandemi, tetapi dengan kemajuan ilmu pengetahuan, kata dia, kini telah dianggap sebagai penyakit biasa, begitu juga dengan COVID-19 yang sudah tiga tahun dilalui, sehingga masyarakat mulai terbiasa.

 BACA JUGA:

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa bersyukur karena telah melewati masa pandemi yang di awal cukup berat.

"Periode awal-awal itu kita masih gelap, belum banyak mendapatkan informasi, dan belum tahu kita berhadapan dengan apa, saat ini masa-masa itu sudah terlewatkan, jadi kita patut bersyukur," ujarnya.

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (5/5) mengumumkan bahwa COVID-19 bukan lagi darurat kesehatan global.

Keputusan tersebut diumumkan Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus berdasarkan rekomendasi Komite Kedaruratan WHO yang telah bertemu untuk ke-15 kalinya untuk menilai status darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

 

Admin
Penulis
-->