Infrastruktur

MTQ Nasional XXIX Resmi Dibuka Wakil Presiden, PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip

fin.co.id - 2022-10-16 08:11:51 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi membuka MTQ Nasional ke-XXIX pada Rabu (12/10) malam.

BANJARBARU, FIN.CO.ID - Lantunan shalawat membahana di Bumi Lambung Mangkurat, gemerlap ratusan cahaya lampu turut lengkapi kemeriahan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX di Kiram Astaka Utama, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi membuka MTQ Nasional ke-XXIX pada Rabu (12/10) malam. Sejumlah rangkaian kegiatan menarik turut meriahkan pembukaan event nasional tahunan yang setelah 50 tahun kembali ke Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah perhelatan ini. 

BACA JUGA: PLN Operasikan PLTS Pulau Derawan di Kalimantan, Kawasan Wisata Unggulan Makin Menawan

"Al Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," ujarnya.

Wakil Presiden berharap kegiatan MTQ tidak semata-mata ajang perlombaan tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an, sehingga dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Abdul Rohim mengapresiasi seluruh pihak terkait atas kelancaran acara tersebut. 

"Alhamdulillah, pasokan listrik untuk upacara pembukaan MTQ terbukti Andal. Kesuksesan gelaran ini menjadi bukti bahwa Kalimantan siap untuk menggelar event-event berskala nasional bahkan internasional. Dapat dikatakan Keandalan listrik PLN tak hanya ada di Pulau Jawa atau Sumatra, bahkan Kalimantan pun tidak kalah!," ujar Abdul Rohim. 

BACA JUGA: Transformasi Layanan Pelanggan PLN 123 Raih 56 Medali di Ajang The Best Contact Center Indonesia Award

Selama persiapan menuju upacara Pembukaan MTQ Nasional ke-XXIX Kalsel, PLN telah meningkatkan keandalan baik sisi operasional maupun peralatan distribusi terutama di belasan titik kegiatan strategis tersebar, yaitu Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar. 

“Penguatan di sisi distribusi meliputi penyempurnaan konstruksi pasokan suplai energi listrik, merapikan jaringan listrik pada jalur – jalur di sekitar tempat kegiatan berlangsung, sekligus melakukan inspeksi instalasi listrik serta peremajaan peralatan pendukung lainnya,” katanya. 

Abdul Rohim mengungkapkan, PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan keandalan listrik tidak hanya selama MTQ berlangsung, tetapi juga seterusnya bagi seluruh masyarakat di Kalsel - Kalteng khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya. 

Dilihat secara menyeluruh dalam pembukaan MTQ XXIX Kalsel, PLN menyiapkan pasokan listrik sebesar 2 megawatt (MW). Dalam mendukung upacara pembukaan, PLN pun menyiapkan sistem Zero Down Time Area atau layanan listrik tanpa kedip di area khusus. 

BACA JUGA: Manfaatkan Penambahan Daya PLN, Produkvitas UMKM Hidroponik di Tangerang Naik 100 Persen

Suplai listrik utama bersumber dari sistem kelistrikan Barito-Mahakam, Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai lapis kedua, dan genset sebagai lapis ketiga apabila terjadi gangguan pada suplai utama dan kedua.

Dalam mendukung sistem kelistrikan saat pembukaan di Kiram Astaka Utama, PLN menyiapkan 8 unit mobile genset dengan total daya 2.650 kilowatt (kW) sebagai back-up. Selain itu, masih ada 6 unit UPS Mobile sebesar total 880 kilovolt ampere (kVA) juga disiapkan.

Admin
Penulis