Investasi

Perdagangan 21 Juni 2022: IHSG Berpeluang Menguat Terbatas, Simak Deretan Saham Rekomendasi Analis

fin.co.id - 21/06/2022, 07:23 WIB

Ilustrasi - Grafik pergerakan IHSG

JAKARTA, FIN.CO,.ID - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat terbatas, Selasa 21 Juni 2022, setelah kemarin mengalami technical rebound dan ditutup naik 0,57 persen ke level 6.976.

"IHSG berpeluang menguat terbatas menuju level 7.032 sebagai perkiraan target Wave (ii) dari Wave [iii], setelah candle hammer muncul pada perdagangan kemarin," kata analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, dalam riset harian untuk perdagangan Selasa 21 Juni 2022. 

(BACA JUGA: Harga Emas Relatif Stabil Dalam Kisaran Ketat, Investor Masih Menanti Risalah The Fed)

Ivan mengatakan, setelah IHSG menyelesaikan struktur Wave (ii), maka semestinya akan melanjutkan Wave [iii], dengan potensi pelemahan ke level 6.795 sebagai target koreksi berikutnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, saat ini IHSG memiliki level support di posisi 6.795, 6.670 dan 6.600, sedangkan level resistance berada di 7.000, 7.032 dan 7.079. 

"Berdasarkan indikator, MACD dalam kondisi bearish," ungkap Ivan.

Untuk itu, pada perdagangan hari ini Binaartha Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar agar mencermati pergerakan harga saham ANTM, ASII, BBRI, BMRI dan BRPT.

(BACA JUGA: Pasca Menang PKPU, Garuda Punya Peluang Sehatkan Keuangan)

Hal senada juga disampaikan analis PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Suryawijaya, yang menyatakan pergerakan IHSG berpotensi untuk berbalik melemah. 

Adapun rentang support-resistance berada di level 6.888-7.074.

William mengatakan, pergerakan IHSG hari ini akan dibayangi sentimen terkait pengumuman besaran suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Reverse Repo Rate) yang diperkirakan naik dari level 3,5 persen.

"Sedangkan faktor lain yang bersumber dari luar negeri lebih ke arah sentimen harga komoditas yang cenderung memiliki potensi tertekan dibandingkan peluang kenaikan. Hari ini IHSG berpotensi melemah," ujar William.

(BACA JUGA: Daftar 20 Mobil Terlaris di Indonesia Bulan Mei 2022, Honda Brio Juara)

Maka, jelas dia, pada perdagangan hari ini investor disarankan untuk mencermati pergerakan harga saham ASRI, JSMR, TLKM, ASII, AALI, INDF, LSIP, WIKA dan BBCA.

Admin
Penulis
-->