Pasca Menang PKPU, Garuda Punya Peluang Sehatkan Keuangan

Pasca Menang PKPU, Garuda Punya Peluang Sehatkan Keuangan

Ilustrasi Pesawat Garuda Indonesia-Dokumentasi Garuda Indonesia-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Virus covid-19 yang menyerang seluruh dunia sejak akhir tahun 2020. Menghancurkan seluruh sendi usaha. Salah satu yang terparah adalah bisnis penerbangan. Kebijakan berbagai negara membatasi penerbangan membuat bisnis ini terpuruk. 

Hal ini pula yang menimpa maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda. Sehingga membuat PT. Garuda Indonesia (Persero) semakin menderita kerugian yang semakin besar. 

(BACA JUGA:Garuda Indonesia Menang PKPU, Akademisi UI: Bukti Konkrit Kinerja Menteri Erick Selamatkan Perseroan)

Kemudian banyak usulan agar dibangkrutkan. Hingga akhirnya di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir Garuda masih tetap ada.

Erick Thohir mampu meyakinkan para kreditur baik dalam maupun luar negeri dengan proposal yang diajukan sehingga Garuda mendapatkan kepastian Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). 

Hasil voting para kreditur memutuskan kreditur menyutujui proposal perdamaian Garuda Indonesia.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, pasca PKPU, babak baru Garuda Indonesia bisa segera dimulai.

(BACA JUGA:Garuda Napas)

"Kita menyambut gembira hasil voting PKPU dimana kreditur sepakat untuk melakukan negosiasi dan penjadwalan ulang terhadap seluruh kewajiban Garuda," ujar Piter, dikutip Selasa 21 Juni 2022.

"Dengan kesepakatan ini Garuda punya kesempatan utk menyehatkan kondisi keuangan Garuda. Saat ini kinerja keuangan Garuda Masih sangat sulit dengan beban utang yang sudah lebih dari 142 triliun," imbuhnya. 

Piter menambahkan, walaupun secara bertahap bisnis penerbangan sudah membaik tetapi masih sangat belum mencukupi untuk menyehatkan Garuda. 

Butuh waktu dan berbagai terobosan, untuk benar-benar menyehatkan Garuda. Hasil PKPU akan memberikan waktu kepada Garuda untuk memperbaiki kondisi keuangan nya.

(BACA JUGA:Angkasa Pura II Nyatakan Terus Berkolaborasi dengan Garuda Demi Jaga Konektivitas Udara)

"Tetapi dibalik kesepakatan dan hasil PKPU tersebut, Hal positifnya adalah adanya kepercayaan kreditur akan masa depan Garuda. Kreditur Masih sangat percaya bahwa Garuda sebagai maskapai penerbangan terbaik dan kebanggaannya Masyarakat Indonesia memiliki prospek usaha yang sangat baik. Garuda mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Dan rakyat Indonesia," jelas Piter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: