News . 27/04/2020, 13:55 WIB
CIAMIS – Mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ciamis memberlakukan Baca Meter Mandiri kepada seluruh pelanggan pascabayar.
"Baca Meter Mandiri ini merupakan pencatatan dan pengiriman angka kWh Meter yang dilakukan sendiri oleh pelanggan pascabayar melalui media yang telah ditentukan oleh PLN antara lain aplikasi Whatsapp sesuai dengan hari baca yang telah ditetapkan," ujar Manager PLN ULP Ciamis Eman Suherman kepada Radar, Sabtu (25/4).
Eman menyebutkan, pembacaan meter mandiri ini dibutuhkan untuk mendapatkan angka sesuai kondisi faktual di lapangan. Selanjutnya data tersebut akan digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan.
"Kegiatan ini disarankan kepada seluruh pelanggan pascabayar kecuali pelanggan dengan layanan AMR (Automatic Meter Reading), yaitu layanan pembacaan stand meter otomatis jarak jauh secara online dan real time," kata Eman.
Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan. Itu akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp. Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.
"Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir. Jadi bagi pelanggan pasca bayar yang tidak bisa melaporkan, tidak perlu khawatir," kata Eman.
Eman menjelaskan, jadwal untuk melaksanakan Baca Meter Mandiri dapat dilakukan setiap bulannya. Mulai pemakaian bulan April 2020 sesuai dengan hari baca yang telah ditentukan PLN.
Hari baca itu, ujar Eman, hari yang ditentukan oleh PLN untuk melakukan pembacaan angka stand meter pada kWh meter PLN yang telah terpasang di pelanggan. Untuk bulan April ini, yakni mulai tanggal 25 April hingga tanggal 30 April.
Apabila ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan.
"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas. Jadi sebagai upaya preventif mencegah penularan Covid-19, kami juga mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online," ucap Eman menambahkan. (obi)
PT.Portal Indonesia Media
Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210
Telephone: 021-2212-6982
E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com