Mullah Baradar Jadi Pemimpin Afghanistan

Mullah Baradar Jadi Pemimpin Afghanistan

KABUL - Pemerintahan baru Afghanistan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Salah satu pendiri Taliban, Mullah Baradar didaulat memimpin pemerintahan baru Afghanistan.

Mullah Baradar akan didampingi oleh Mullah Mohammad Yaqoob. Dia adalah putra mendiang pendiri Taliban Mullah Omar. Selain itu, ada nama Sher Mohammad Abbas Stanekzai yang dipercaya mengisi jabatan-jabatan utama di pemerintahan.

Semua pemimpin utama sudah tiba di Kabul. Mereka melakukan persiapan untuk mengumumkan pemerintah baru. Persiapan sudah masuk tahap akhir. Tinggal difinalisasi.

Sementara itu, Haibatullah Akhunzada, pemimpin tertinggi keagamaan Taliban, akan memusatkan upaya pada aspek agama serta pemerintahan dalam kerangka ajaran Islam.

Seperti diketahui, saat berkuasa pada 1996 hingga 2001, Taliban menerapkan hukum Islam dalam bentuk radikal. Namun kali ini, kelompok tersebut berupaya memperlihatkan wajah yang lebih moderat.

Taliban menyatakan janji akan melindungi hak asasi manusia (HAM) dan menahan diri untuk tidak melakukan pembalasan terhadap musuh-musuh lamanya.

Namun, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara lain meragukan jaminan tersebut. Pengakuan resmi pada pemerintah baru Afghanistan serta aliran bantuan ekonomi tergantung pada tindakan yang ditunjukkan Taliban.

Terbaru, Taliban mengiznkan orang asing maupun warga Afghanistan yang tertinggal penerbangan untuk berangkat meninggalkan negara tersebut. Amerika Serikat sendiri telah mengakhiri penarikan pasukannya di Afghanistan. Bandara Kabul saat ini masih ditutup. Banyak orang berupaya keluar dari Afghanistan melalui jalan darat. (rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: