Lacak Aliran Dana Khilafatul Muslimin, Polri Gandeng PPATK hingga Densus 88

Lacak Aliran Dana Khilafatul Muslimin, Polri Gandeng PPATK hingga Densus 88

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.--PMJ

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polri bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan pelacakan aliran dana kelompok Khilafatul Muslimin.

"Itu masih didalami, karena Polri tidak bisa bekerja sendiri ketika menyangkut masalah aliran dana. Kita harus bekerja sama dengan PPATK," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat ditemui di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jumat, 10 Juni 2022.

(BACA JUGA: Makmun Rasyid: Khilafatul Muslimin Sama Seperti HTI, Mengusung Sistem Khilafah Menggantikan Demokrasi)

Dalam melakukan penelusuran, lanjut Dedi, penyidik juga bakal bekerja sama dengan sejumlah instansi lain. 

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga bakal dilibatkan karena memiliki basis data yang lengkap dan akurat terkait terorisme.

"Kita akan bekerja sama dengan berbagai macam stakeholder terkait lainnya yang bisa betul-betul melacak dana tersebut dari mana. Tentunya tim dari Densus (tetap dilibatkan) karena memiliki database yang sangat kuat, juga pasti akan mendalaminya," tuturnya.

(BACA JUGA: Polisi Geledah Markas Pusat Khilafatul Muslimin di Lampung, Terkait NII dan ISIS)

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, Khilafatul Muslimin melakukan pengumpulan dana menggunakan kotak amal yang disebar di sejumlah titik.

"Terkait dengan aliran dana, yang diketahui penggalangan dana yang sudah pasti adalah internal mereka. Artinya disebarkan kotak amal,” kata Ramadhan, Kamis, 9 Juni 2022.

Ditambahkan Ramadhan, kelompok tersebut menyebarkan kotak amal dalam kegiatan majelis mereka dan penggalangan dana tersebut dilakukan secara internal. 

(BACA JUGA:Ketua Khilafatul Muslimin Surabaya: Kita Bukan Ormas, Ini Ibadah Kita Kepada Allah)

"Sesama mereka pada kegiatan-kegiatan Majelis, jadi baru internal," ucapnya.

Namun, ia belum menjelaskan secara rinci total dana yang telah dikumpulkan oleh Khilafatul Muslimin. Polisi masih melakukan pendalaman terkait hal tersebut. 

"Masih dalam proses, masih pendalaman. Kita matangkan dulu baru kita sampaikan," pungkas Ramadhan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: