Kaki, Perut dan dada Penderita Diabetes Melitus Bengkak, Ini Penyebabnya Menurut Ahli

Kaki, Perut dan dada Penderita Diabetes Melitus Bengkak, Ini Penyebabnya Menurut Ahli

Diabetes, Image Credit: Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seorang anak bertanya pada dokter, tentang kondisi kaki, perut dan payudara ibunya yang  membengkak.

Dalam keterangan sang anak, ibunya disebut menderita diabetes melitus atau diabetes tipe 2.

Selain itu, ibunya menurut sang anak, memiliki kebiasaan menggaruk luka yang kemudian menyebabkan keluarnya cairan bening di area bekas garu.

(BACA JUGA:Salah Satu Ciri Orang Kena Diabetes Insipidus, Buang Air Kecil 3 hingga 20 Liter dalam Sehari)

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan kondisi kaki, perut dan payudara yang membengkak pada penderita diabetes melitus, selain rasa gatal dan cairan bening yang keluar dari bekas garukan?

Jawabnya menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari bisa jadi efek dari kompikasi diabetes yang dialami penderita diabetes melitus.

“Adanya pembengkakan pada kaki, perut, dan payudara pada penderita diabetes melitus dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan penyebab,” kata dr. Talitha Najmillah Sabtiari seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan jika penyebab dari kondisi ini, juga akan sangat tergantung deari karakteristik bengkak yang dialami si penderita itu sendiri, selain faktor lain seperti gejala penyerta dan histori penyakit lain.

“Hal tersebut (juga) dapat disebabkan oleh adanya komplikasi diabetes melitus seperti gangguan fungsi ginjal, infeksi kulit, dan lainnya,” jelas dia.

Pada kasus seperti ini, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter penyakit dalam, guna menangani keluhan ini secara tepat.

“Sehingga dokter dapat menentukan penyebab kondisi yang ibu Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai,” jelas dia.

dr. Talitha juga menyarankan mereka dengan diabetes melitus, untuk tidak menggaruk bagian luka atau tubuh yang membengkak.

Sebagai gantinya, dapat diredakan menggunakan kompres air hangat pada bagian terdampak, dan menjaga diet yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Selain berolahraga rutin, menjaga diri dari stress tidak juga kalah pentingnya.

Ingin Tetap Makan Manis, Ini Pengganti Gula untuk Penderita Diabetes

Stevia adalah pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana.

Stevia ini manis karena kandungan steviol glycosides yang dimilikinya.

Karena sangat manis, penggunaan stevia tidak perlu sebanyak gula pasir biasa. Jadi jika Anda biasa menggunakan dua sendok teh untuk membuat kopi, Anda hanya membutuhkan satu sendok the stevia untuk satu setiap cangkirnya.

Meski manis, namun stevia ini tidak mengandung kalori. Jika pun ada, kalori itu datangnya dari bahan lain yang dicampur dengan stevia. Sebab itu, pastikan stevia yang digunakan adalah stevia murni tanpa campuran pemanis lain.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: