Wapres Ma'ruf Amin: Pelaku Penyelewengan BOP Pesantren Harus Diproses Hukum!

Wapres Ma'ruf Amin: Pelaku Penyelewengan BOP Pesantren Harus Diproses Hukum!

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.-Dok. FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan pelaku penyelewengan BOP Pesantren harus diproses hukum, jika terbukti melakukan penyimpangan.

"Kalau betul ada, diproses saja seperti aturan yang ada. Diproses hukum saja kalau memang ada," kata Wapres di sela kegiatannya meninjau Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 4 Juni 2022, sebagaimana disaksikan secara daring dari Jakarta, dikutip dari Antara.

(BACA JUGA:ICW Temukan Dana BOP Pesantren Dipotong, KPK: Lapor ke Penegak Hukum!)

Meskipun demikian, Wapres mengatakan semua dugaan harus dipastikan lebih dulu. Proses hukum bisa dilakukan jika dugaan itu terbukti.

Sebelumnya lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan adanya dugaan penyelewengan dana BOP Pesantren dari Kementerian Agama. Salah satu modus yang digunakan adalah dengan menggunakan pesantren fiktif.

Kementerian Agama sendiri telah menyatakan akan menindak tegas oknum yang terbukti melakukan penyelewengan dana BOP Pesantren.

(BACA JUGA:BNPT Klaim Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, Kemenag: Perlu Verifikasi)

Staf Khusus Menteri Agama Nuruzzaman mengatakan sejatinya terdapat beberapa kasus penyelewengan dana BOP Pesantren pada tahun anggaran 2020, di mana sebagian kasusnya dalam proses hukum dan sebagian kasus telah disidangkan.

"Bahkan pelaku penyelewengan dana BOP Pesantren juga telah dijatuhi hukuman pidana," kata Nuruzzaman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: