Penyebab Ujung Mata Terasa perih, Apakah Rabun Jauh?

Penyebab Ujung Mata Terasa perih, Apakah Rabun Jauh?

Infeksi Mata, Ilustrasi oleh agnesliinnea dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan rasa perih di ujung bola mata, apakah hal ini ada hubungannya dengan miopia atau rabun jauh?

Jawabnya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah belumlah bisa dipastikan, kecuali Anda menjalani pemeriksaan ke dokter mata terdekat.

Rasa perih di ujung mata kata dr. Nadia, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya menggunakan alat bantu pengelihatan yang tidak sesuai kondisi mata.

(BACA JUGA:Mata Buram saat Melihat Jauh? Ini Nama Kondisi dan Jenis Kacamatanya)

(BACA JUGA:Jangan Sepelekan Nyeri pada Bola Mata, Glaukoma yang Seperti Ini Sebabkan Kebutaan)

“Bisa jadi, perih ini disebabkan oleh mata yang lelah karena penggunaan kacamata yang tidak sesuai dengan visus (tajam penglihatan) mata Anda,” kata dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Mungkin juga, perih ini timbul akibat suatu iritasi, infeksi di komponen mata, kemasukan benda asing, trichiasis, entropion, xeropthalmia, atau banyak lagi gangguan medis lainnya,” sambungnya.

Sebab itu, pada mereka dengan keluhan rasa nyeri seperti di atas, ada baiknya untuk memastikan kondisi yang mereka alami, dengan melakukan pemeriksaan.

“Mengevaluasi apakah Anda mengalami mata minus atau tidak, bisa dilakukan dengan memeriksakan diri langsung ke dokter atau dokter mata terdekat”.

Dengan melakukan pemeriksaan langsung, lanjut dia, dokter mata akan mampu “menentukan penyebab perihnya mata Anda, lantas memberinya penanganan yang tepat”.

Untuk sementara waktu, dr. Nadia Nurotul Fuadah punya beberapa tips, yang bisa dicoba untuk meredakan keluhan yang dimaksud.

Selain tidak sembarangan menggunakan kacamata, atau lensa kontak, mereka dengan keluhan ujung mata terasa nyeri, untuk menggunakan kompres dingin untuk meredakannya.

Menggunakan obat tetas mata buatan, juga disarankan dalam mengatasi kondisi ini. Hindari pula, lanjut dia lagi, melakukan kebiasaan seperti mengucek mata, apalagi sampai berlebihan.

Penyebab Mata Merah dan Belekan

"(Mata merah, berair dan belekan) paling sering menandakan mata yang meradang akibat infeksi," kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Bisa jadi karena infeksi bakteri, namun mata belekan bisa juga akibat dari infeksi jamur atau mikroorganisme lainnya.

Ada beberapa jenis infeksi yang dimaksud dr. Nadia di sini, adalah kondisi seperti infeksi yang terjadi pada bagian terluar seperti bola mata (blefaritis).

"Konjungtiva (konjungtivitis), hingga yang lebih dalam, seperti kornea (keratitis), traktus uvea (uveitis), dan sebagainya," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa infeksi yang terjadi di area mata memang berpotensi menular ke orang lain.

Akan tetapi cara penularannya, tidak seperti yang banyak dikira orang selama ini, yakni lewat pandangan mata.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: