Bendung Katulampa Siaga II, Warga Jakarta Diminta Waspada

Bendung Katulampa Siaga II, Warga Jakarta Diminta Waspada

Bendungan Katulampa (Istimewa)--

BOGOR, FIN.CO.ID -- Kawasan puncak, Bogor diguyur hujan deras yang membuat tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa naik mencapai 170 sentimeter.

Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai diminta mewaspadai kondisi tersebut.

Koordinator Pintu TMA Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi terjadi merata di wilayah Bogor, termasuk kawasan Puncak.

Menurutnya, tinggi air semula berada pada 140 centimeter, dalam waktu singkat mencapai 170 centimeter.

"Tadi sore Puncak hujan lebat, tinggi muka air Ciliwung langsung naik. Sekarang statusnya Siaga II," ujar Andi dalam keterangannya, Selasa, 31 Mei 2022.

Andi juga menyebutkan, saat ini kawasan Puncak masih terjadi hujan deras dan kawasan Katulampa juga masih diguyur gerimis.

"Puncak masih hujan deras, Katulampa masih gerimis, ada kemungkinan air masih akan terus naik," tambahnya.

Kenaikan muka air mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung, yakni di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor.

Diperkirakan, derasnya aliran Sungai Ciliwung itu akan melintas ke Jakarta pada malam hari.

Andi menghimbau untuk warga Jakarta agar siaga banjir akibat hujan yang terjadi di seputar wilayah Bogor.

"Warga Jakarta diharapkan siaga banjir, hujan yang terjadi sore di wilayah seputar Bogor membuat TMA naik seketika," katanya.

"Air tiba di Jakarta antara 10-12 jam ke depan, itu pun kalau tidak didorong arus air dari kawasan bawah, seperti Kota, Kabupaten Bogor, dan Depok," jelasnya.

Sementara, Berdasakan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Bogor dan sekitarnya masih berpotensi diguyur hujan sedang-lebat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: