Pada Usia Ini, Tubuh Anda akan Memendek 1cm setiap 10 Tahun, Gini Cara Mencegahnya

Pada Usia Ini, Tubuh Anda akan Memendek 1cm setiap 10 Tahun, Gini Cara Mencegahnya

Lansia, Image oleh Michael Form dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menurut ahli, pertumbuhan manusia akan terhenti, begitu mereka menginjak usia tertentu.

Pada wanita, kondisi ini terjadi ketika mereka menginjak usia 14-16 tahun, dan pria di usia 17-20 tahun.

Ketika berada pada masa ini, maka tubuhnya akan berhenti berkembang dan tidak akan lagi bertambah tinggi.

(BACA JUGA:Sudah Terlanjur Kena Flu? Gini Cara Mencegahnya agar Tidak Memburuk)

Namun taukah Anda, ketika tubuh Anda tidak bisa lagi bertambah tinggi, tapi Anda memiliki potensi bertambah pendek, dan itu juga terjadi pada rentang usia tertentu.

Ya, ketika seseorang mencapai usia 40 tahun, tinggi badannya dapat mengalami penyusutan, sekitar setengah inchi (1,27 cm) per 10 tahunnya.

Menurut MedlinePlus, kecenderungan seseorang mengalami penurunan tinggi badannya ini dapat dialami baik pria mau pun wanita, dan tidak mengenal ras.

Ada pun yang menjadi penyebab orang memendek di usia ini, adalah akibat perubahan yang terjadi pada tulang, otot dan persendian yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

Sementara itu sumber lain mengatakan penurunan tinggi badan ini, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti osteoporosis, kompresi tulang belakang dan beberapa sebab lainnya, kondisi yang juga menyebabkan terjadinya penurunan berat badan.

Ketika tidak ada yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi Anda, namun Anda dapat mencegah penyusutan tinggi badan Anda dengan beberapa hal berikut ini:

1. Konsumsi kalsium yang cukup
2. Latihan angkat berat untuk menghindari berkurangnya otot
3. Selalu terhidrasi
4. Jangan merokok
5. Banyak-banyak beristirahat

Cara Meninggikan Badan Selagi Bisa

Sebelum tubuh Anda berhenti berkembang dan selagi bisa bertambah, maka ada beberapa yang bisa Anda lalukan untuk mencapai tinggi badan yang lebih baikm berikut beberapa di antaranya selain berolahraga rutin:
Tidur cukup di malam hari

Para ahli menyebutkan bahwa jika anda tidur dengan nyenyak, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak HGH yang dapat menunjang pertumbuhan tinggi badan anda. 7 hingga 8 jam adalah waktu yang direkomendasikan.
Makan makanan kaya akan kalsium dan vitamin D

Tanpa dua nutrien ini, bertambah tinggi akan jadi perkara yang sulit. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang sementara vitamin D membantu agar penyerapan kalsium dapat dilakukan secara optimal.
Menjalani pola hidup sehat

Mengindari rokok, alkohol, obat-obatan terlarang, kafein dan penggunaan steroid dapat membantu meningkatkan tinggi badan anda.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: