Menpora Sebut Indonesia Raih Peringkat 3 SEA Games 2021 Sesuai Harapan Jokowi dan DBON

Menpora Sebut Indonesia Raih Peringkat 3 SEA Games 2021 Sesuai Harapan Jokowi dan DBON

Menpora Zainudin Amali (Kiri) mengalungkan medali Emas kepada lifter Indonesia Yuli Irawan (Kanan)--ANTARA Foto/ Zabur Karuru

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali turut apresiasi kepada kontingen Indonesia yang berada di posisi ketiga besar klasemen medali pada Pesta Olahraga Asia Tenggara SEA Games 2021 di Vietnam.

Keberhasilan Indonesia berada di posisi ketiga besar klasemen SEA Games 2021 sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menpora Amali mengatakan, jika hasil Indonesia yang berada diposisi ketiga tidak terlepas dari implementasi Desain Besar Olahraga Indoesia (DBON).

"Keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games Vietnam berkat kerja keras semua pihak khususnya para atlet. Dan ini menjadi bukti bahwa DBON sudah berjalan di trek yan benar," ucap Menpora Amali dikutip dari Antara pada Senin, 23 Mei 2022.

Amali ucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada para atlet Indonesia yang sudah berjuang di lapangan, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim Cdm, tim review, NOC Indonesia KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.

(BACA JUGA:Klasemen Akhir SEA Games 2021 Indonesia Posisi Ketiga, Puan Maharani Bilang Begini)

(BACA JUGA:Klasemen Akhir SEA Games 2021: Indonesia Posisi 3, Vitenam Juara Umum)

"Dibandingkan SEA Games Filipina, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina 800 lebih atlet , SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hapir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat tapi Alhamudililah medali yang kita rah sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tigas besar," ucap Menpora Amali.

Kedepanya, Menpora akan menggunakan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat. Apalagi di 2023 akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

"Tantangan kita kedepan jauh lebih berat. Target utama kita adalah olimpiade untuk menuju sama kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ungkapnya.

(BACA JUGA:SEA Games 2021: Tanpa Target Tapi Dapat Emas, Begini Ekspresi Apriyani/Fadia )

Amali meyakini, jika perubahan paradigma sistem olahraga dijalankan dengan konsisten maka target olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas 2045, Indonesia bisa masuk lima besar dunia.

Tim kontingen Indonesia berada diposisi peringkat ketiga dengan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu, dengan total 241 medali. Untuk peringkat pertama Vietnam dengan 205 medali emas, 125 perak dan 116 perunggu dengan total 446 medali dan peringkat kedua Thailand dengan 92 emas, 103 perak, 136 perunggu dengan 331 medali.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: