Untuk Atasi Gangguan Kecemasan, Coba Makan Ini

Untuk Atasi Gangguan Kecemasan, Coba Makan Ini

Gangguan Kecemasan, Cemas, Stres: Image oleh 1388843 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seperti dibahas di artikel sebelumnya, gangguan kecemasan adalah sebuah kondisi yang tidak bisa dianggap remeh, lantaran dapat mematikan.

Kondisi yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang itu, jadi salah satu alasan tingginya angka kematian akibat bunuh diri.

Menurut ahli, mereka yang menghadapi gangguan kecemasan, diharuskan untuk sesegera mungkin mencari pertolongan ahli, guna menghindari daya rusak yang sebabkan terhadap mental penderitanya.

(BACA JUGA:Mudah Marah, Gampang Tersinggung dan Kerap Bersedih itu Ciri Orang Depresi)

Tidak hanya masalah mental, gangguan kecemasan juga berkontribusi pada terbentuknya sel kanker pada manusia.

Menurut sebuah studi, mereka yang mengalami gangguan kecemasan, punya risiko lebih tinggi meninggal dunia akibat kanker.

Konklusi ini diambil para ahli usai mempelajari analisa data, yang dilakukan atas 15 ribu warga Inggris dalam kurun 15 tahun.

Menurut studi yang dilakukan para peneliti dari European College of Neuropsychopharmacology Congress ini, ditemukan fakta yang menarik.

Disebutkan bahwa pria dengan gangguan kecemasan, punya risiko dua kali lipat terkena kanker, yang berujung kematian.

Penyebabnya menurut ahli, adalah peningkataan hormon stres. Ketika hal itu terjadi, sulit bagi tubuh untuk memperbaiki DNA yang rusak, memberikan peluang bagi sel kanker untuk membentuk diri, sekaligus mempercepat pertumbuhan tumor dan mutasi kanker.

Ada pun jenis gangguan kecemasan yang dimaksud di sini, adalah yang disebut sebagai obsessive and uncontrollable worry (kecemasan obsesif dan tak terkontrol).

Makanan yang Direkomendasikan Ahli Atasi Gangguan Kecemasan

Sementara menurut dunia sains, ada beberapa makanan yang didapat dikonsumsi orang, untuk meningkatkan kesehatan mental mereka.

Berikut ini daftar makanan yang bagus untuk menurunkan kecemasan, seperti dilansir Healthline:

Ikan Salmon

Kaya akan gizi, konsumsi salmon dapat memberikan efek menenangkan dan memberikan efek rileks, bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Dark Chocolate

Makan dark chocolate juga bagus untuk pangkas gangguan kecemasan, karena kaya akan flavonol seperti epicatechin dan catechin.
Flavonol ini sendiri baik untuk memperlancar peredaran darah ke otak, membantu orang lebih kalem saat dihadapkan pada situasi yang tertekan.

Yogurt

Menurut sebuah studi, minum yogurt dua kali setiap harinya, dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengontrol emosi, menurunkan kadar kecemasan pada mereka yang mengkonsumsinya.

Sumber: