Mantap! Atlet Indonesia Peraih Medali SEA Games Dihadiahi Rumah

Mantap! Atlet Indonesia Peraih Medali SEA Games Dihadiahi Rumah

Atlet kickboxing putri Indonesia Amanda La Loupatty mengigit emas setelah memenangi babak final melawan wakil Filipina Decena Claudine Veloso nomor low kick putri -52kg SEA Games 2021 di Bac Ninh Gymnasium, Vietnam, Jumat (13/5/2022). -Arindra Meodia-ANTARA

HANOI, FIN.CO.ID - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan seluruh atlet Indonesia peraih medali pada SEA Games Vietnam 2021 akan dihadiahi rumah.

Hal tersebut dikatakan peri yang juga menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) ini usai menyaksikan pertandingan renang di My Dinh Water Sports Palace, Hanoi, Vietnam, Sabtu, 14 Mei 2022.

Dia mengaku mendapatkan arahan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk memberikan bonus kepada atlet berprestasi.

(BACA JUGA:Update Klasemen Medali SEA Games 2021: Salip Malaysia, Indonesia Buntuti Vietnam)

“Pada Asian Games lalu, semua atlet, tidak hanya yang meraih emas dibikinkan rumah, mungkin (kini) ada tambahan yang belum punya rumah. Yang belum dapat rumah akan saya bikinkan karena ini team work,” katanya.

Atlet-atlet dayung Indonesia menyumbangkan delapan medali emas dan enam medali perak dari nomor rowing yang digelar di Hai Phong Rowing and Canoeing Training Center yang terletak sekitar dua jam perjalanan darat dari Hanoi.

Pada perlombaan rowing yang berlangsung pada 11-14 Mei, Indonesia mengumpulkan 8 emas dan 6 perak dari total 16 emas yang diperebutkan.  Kedelapan emas diraih  tim putra yang juga menyapu bersih podium teratas rowing SEA Games Vietnam.

(BACA JUGA:Amanda La Loupatty Sumbang Emas SEA Games, Daftar Lengkap Perolehan Medali )

Namun tim putri tak mampu menyumbangkan satu pun emas karena mereka selalu kalah jauh di belakang tuan rumah selama babak final dan harus puas dengan enam perak, sementara Vietnam menyapu bersih delapan medali emas putri SEA Games.

Indonesia kehilangan dua medali pada nomor Women Single Scull dan Women Double Scull yang keduanya dimenangi atlet-atlet Vietnam sehingga Vietnam memimpin perolehan medali rowing  SEA Games 2021 dengan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu.

Basuki menyatakan perlu evaluasi untuk sektor putri karena selalu gagal ketika menghadapi Vietnam.

"Saya bilang jangan ada mental drop, seperti aduh, kita tidak bisa mengalahkan Vietnam. Apa pun yang terjadi, kita maksimal dulu, hasilnya tidak mengerti (urusan nanti),” katanya.

Namun PODSI terbilang berhasil dalam mencapai target medali mengingat ada konsistensi dalam berlatih setelah tim nasional ditempatkan di Jatiluhur dan Pengalengan untuk menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas), selain beruji coba ke Bulgaria dan Belanda serta mengikuti turnamen tingkat Asia dan dunia.

"Ke depan, Indonesia sudah ditawari Presiden Asian Kano untuk menjadi penyelenggara kejuaraan Asia pada Desember 2022. Keputusannya diminta sebelum 23 Mei 2022, yes or no,” kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: