5.260 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh May Day Fiesta

5.260 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh May Day Fiesta

Ilustrasi buruh berdemo menolak UU Cipta Kerja (Ciptaker)-dok fin.co.id-dok fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polri mengerahkan 5.260 personel gabungan dalam mengamankan aksi buruh May Day Fiesta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan Pasukan gabungan tersebut terdiri atas anggota Polri-TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Aksi buruh bertajuk May Day Fiesta akan digelar di Gelora Bung Karno, Senayan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

(BACA JUGA:Aksi 60 Ribu Buruh di May Day Fiesta, Polda Metro Siapkan Tim Anti Penyusup )

"Untuk kegiatan pengamanan sendiri Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga," katanya, Jumat, 13 Mei 2022.

Zulpan mengatakan pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan terkait digelarnya aksi tersebut dan menurut surat tersebut kegiatan May Day Fiesta diperkirakan akan melibatkan sekitar 60.000 orang.

Para peserta aksi adalah massa dari elemen buruh yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan diperkirakan akan datang menggunakan 20.000 bus.

(BACA JUGA:Ada Demo Buruh, Polda Metro: Hindari Kawasan Senayan Sabtu Pagi Hingga Siang)

Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Sabtu sekitar pukul 09.00-15.00 WIB, sehingga masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar lokasi aksi diharap bisa memaklumi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Sekiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ, kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari," ujarnya.

Pihak kepolisian memastikan tidak menutup kawasan tersebut untuk umum, meski telah mengeluarkan imbauan untuk menghindari kawasan GBK pada Sabtu.

Kawasan lainnya yang ikut terdampak aksi May Day Fiesta, yakni Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari Simpang Semanggi hingga depan Gedung DPR/MPR RI, kemudian kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga Simpang Semanggi.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: