Aksi 60 Ribu Buruh di May Day Fiesta, Polda Metro Siapkan Tim Anti Penyusup

Aksi 60 Ribu Buruh di May Day Fiesta, Polda Metro Siapkan Tim Anti Penyusup

Buruh menyuarakan aspirasinya di depan Kompleks DPR MPR Senayan, Jakarta. -dok fin.co.id-dok fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polda Metro Jaya membentuk tim anti penyusup saat aksi buruh May Day Fiesta.

Aksi yang akan diikuti 60 ribu buruh tersebut akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu, 14 Mei 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan tim anti penyusup akan bertugas melakukan filterisasi dan mencegah masuknya penyusup dalam aksi May Day Fiesta.

(BACA JUGA:May Day, KSPI Siapkan 50 Ribu Buruh, Ini Tuntutannya)

"Di GBK ada beberapa pintu masuk, nanti di situ ada beberapa petugas yang akan mengontrol," katanya, Jumat, 13 Mei 2022.

Dia mengimbau agar massa buruh yang datang ke lokasi aksi untuk membawa identitas lengkap dan datang secara berkelompok sehingga memudahkan petugas untuk melakukan filterisasi.

Petugas yang berjaga di lokasi akan memastikan yang bisa memasuki lokasi acara hanya massa buruh.

(BACA JUGA:Ada Demo Buruh, Polda Metro: Hindari Kawasan Senayan Sabtu Pagi Hingga Siang)

"Untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya, tentunya kita akan memastikan karena tempatnya ini di GBK. Jadi, siapa yang bisa masuk ke tempat acara itu adalah dari kelompok buruh," ujarnya.

Peserta aksi juga diharapkan tidak terpisah dari rombongan untuk memudahkan petugas memberikan pengamanan serta agar peserta aksi tidak tertinggal rombongan saat kepulangan.

"Mempermudah nanti datang dan kembalinya, mereka tidak nanti kehilangan kelompoknya. Kepolisian sudah mengantisipasi agar kegiatan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan terkait digelarnya aksi tersebut dan menurut surat tersebut kegiatan May Day Fiesta diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 60.000 orang.

Para peserta aksi adalah massa dari elemen buruh yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan diperkirakan akan datang dengan sekitar 1.200 bus.

Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Sabtu sekitar pukul 09.00-15.00 WIB, sehingga masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar lokasi aksi diharap bisa memaklumi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: