Tiga Begal Kapal Beraksi, ABK Ditembak, Polisi: Kita Baru Amankan Perahunya

Tiga Begal Kapal Beraksi, ABK Ditembak, Polisi: Kita Baru Amankan Perahunya

Perahu milik begal yang diamankan polisi-ist-Antara

PONTIANAK, FIN.CO.ID - Tiga begal kapal bersenjata api beraksi di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat (Kalbar). Seorang anak buah kapal (ABK) ditembak.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan pihaknya masih memburu tiga begal bersenjata api yang berusaha merampok di kapal TB Legasea I, di kawasan Sungai Kapuas, Rabu, 11 Mei 2022 dinihari.

"Begitu mendapat laporan tim gabungan dari Polair, Jatanras dan Ditkrimum Polda Kalbar langsung mengejar tiga pelaku perampokan yang berusaha merampok sebuah kapal di perairan Sungai Kapuas," katanya, Kamis, 12 Mei 2022.

(BACA JUGA:Ngeri! Sopir Truk Disabet Celurit Begal di Cilincing, Tangan Nyaris Putus)

Dijelaskannya, dari hasil pengejaran tim gabungan itu, polisi berhasil menahan satu unit perahu yang diduga digunakan oleh ketiga perampok dalam melakukan aksi kejahatannya.

"Untuk sementara ini, kami menahan perahu tersebut, sementara untuk ketiga pelakunya masih dalam pengejaran," ujarnya.

Dia berharap kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan tiga pelaku itu agar secepatnya melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat sehingga bisa secepatnya ditangkap untuk diproses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

(BACA JUGA:Polri Ungkap Alasan FBI Amerika Tak Tangkap Penista Islam Pendeta Saifuddin Ibrahim, Ternyata Begini)

Sebelumnya, Kasat Polair Polres Mempawah, Iptu Andi Rahmat menyatakan, ketiga pelaku dalam melakukan aksinya dengan membuntuti kapal TB Legasea di bagian buritan menggunakan sampan kecil saat berlayar di kawasan Sungai Kapuas, Rabu dinihari (11/5) sekitar pukul 04.00 WIB.

Atas aksi kejahatan tersebut mengakibatkan seorang anak buah kapal (ABK) kapal TB Legasea mengalami luka tembak di bagian lengan kanan.

"Diduga kuat para perampok itu menggunakan senjata jenis airgun, dengan jumlah tiga orang," ungkapnya.

Aksi perampokan tersebut berhasil digagalkan oleh para ABK kapal TB Legasea dengan cara melemparkan kayu, sehingga perampok itu mengurungkan niatnya untuk merampok kapal itu.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: