Suzuki Mundur dari MotoGP, Ini Kata Juara Dunia 2020 Joan Mir

Suzuki Mundur dari MotoGP, Ini Kata Juara Dunia 2020 Joan Mir

Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir ([email protected])--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir buka suara terkait mundurnya Tim Suzuki dari ajang MotoGP usai musim 2022.

Mir yang membawa Suzuki juara dunia pada musim 2020 mengatakan akan menyelesaikan musim 2022 dengan sebaik mungkin.

Pada Kamis, pabrikan Jepang itu resmi menyatakan rencana menyudahi partisipasinya dalam MotoGP dan sedang berdiskusi dengan Dorna Sports menjelang Grand Prix Prancis di Le Mans.

(BACA JUGA:Suzuki Bakal Cabut dari MotoGP, Dorna: Tidak Bisa Mengambil Keputusan Sepihak)

Rumor Suzuki hengkang dari kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi itu santer diberitakan media awal bulan ini dan Dorna yang menjadi pemegang hak komersial MotoGP, menyatakan pabrikan itu tidak bisa  mengambil keputusan sepihak begitu saja karena terikat kontrak hingga 2026.

"Ini adalah situasi yang tidak ingin didengar siapa pun karena kami telah bekerja sangat lama dalam proyek ini, banyak orang yang lebih lama mengerjakannya daripada saya," kata Mir dalam laman MotoGP, Kamis, 12 Mei 2022.

"Kami mengerahkan segalanya untuk brand ini dan pada akhirnya kami harus berpisah pada akhir musim," kata pebalap Spanyol yang mempersembahkan gelar juara dunia bagi Suzuki pada 2020 itu.

(BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Suzuki Pamit dari MotoGP, Mengalihkan Anggaran dan SDM untuk... )

Mir saat ini menghuni peringkat enam klasemen dengan koleksi 56 poin, tertinggal 13 poin dari rekan satu timnya, Alex Rins, dan 33 poin dari Fabio Quartararo yang berada di puncak setelah enam balapan.

Suzuki pernah keluar dari MotoGP sebelumnya dengan meninggalkan balap kelas utama itu setelah musim 2011 karena resesi ekonomi. Mereka kembali berpartisipasi penuh pada 2015 hingga sekarang.

Dalam pernyataan resminya hari ini Suzuki mengatakan "situasi ekonomi terkini dan perlunya memusatkan upaya terhadap perubahan-perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif dalam beberapa tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan anggaran dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru."

Menyusul keputusan tersebut, Mir dan para awak tim kini dihadapkan dengan masa depan yang belum jelas untuk tahun depan.

Namun, sang pebalap tetap berkomitmen menyelesaikan tugasnya musim ini dengan baik.

"Sebagai seorang pebalap, satu-satunya yang bisa saya lakukan adalah menyelesaikan musim ini sebaik mungkin untuk tim saya... untuk mengucapkan perpisahan dengan cara yang terbaik," kata Mir yang diisukan sedang dekat dengan Honda.

Sumber: