Suzuki Bakal Cabut dari MotoGP, Dorna: Tidak Bisa Mengambil Keputusan Sepihak

Suzuki Bakal Cabut dari MotoGP, Dorna: Tidak Bisa Mengambil Keputusan Sepihak

Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir ([email protected])--

JAKARTA, FIN.CO.DI -- Tim pabrikan Suzuki dikabarkan akan mundur dari ajang balap motor paling bergengsi MotoGP pada tahun ini.

Merespons kabar tersebut, promotor MotoGP Dorna Sports telah menghubungi salah satu tim pabrikan asal Jepang itu.

(BACA JUGA:Francesco Bagnaia 'Rajai' Sirkuit Jerez)

(BACA JUGA:Pimpin Sejak Start, Bagnaia Juara MotoGP Spanyol, Cek Hasil Lengkapnya di Sini)

Dorna mengingatkan bahwa, mereka tidak boleh mengambil keputusan secara sepihak.

Suzuki dikabarkan akan keluar dari MotoGP pada akhir musim 2022.

Suzuki Motor Corporation tahun lalu telah memperbarui keterlibatan mereka dalam kejuaraan MotoGP dalam satu kesepakatan hingga akhir musim 2026.

(BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Pecahkan Rekor Baru, Francesco Bagnaia Raih Pole Position)

"Menyusul rumor terbaru mengenai Suzuki meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022, Dorna Sports telah secara resmi menghubungi perusahaan tersebut untuk mengingatkan mereka bahwa kondisi dari kontrak mereka untuk balapan dalam MotoGP tidak mengizinkan mereka untuk mengambil keputusan ini secara sepihak," kata Dorna, dikutip dari Reuters.

"Namun, jika Suzuki pergi setelah mengikuti kesepakatan antara kedua pihak, Dorna akan memutuskan jumlah ideal pebalap dan tim yang berlomba di kelas MotoGP mulai 2023."

Dorna mengatakan ada ketertarikan dari pabrikan dan tim independen untuk bergabung dengan grid MotoGP. "Minat dari pihak-pihak ini telah dikonfirmasi ulang dalam 24 jam terakhir," katanya.

(BACA JUGA:Berambisi Raih Kemenangan Lagi, Fabio Quartararo Ajukan Permintaan Khusus)

Suzuki telah keluar dari MotoGP sebelumnya, meninggalkan balap kelas utama itu setelah musim 2011 karena resesi ekonomi dan yen Jepang yang lebih kuat. Mereka kembali sepenuhnya pada 2015.

Pabrikan itu terakhir memuncaki klasemen tim dan pebalap pada 2020 ketika pebalap Spanyol, Joan Mir, memenangi gelar perdananya dalam satu musim yang diperpendek pandemi Covid-19.

Sumber: