Fakta atau Mitos? Makan Kacang ijo Bikin Orang Gampang Dapat Momongan

Fakta atau Mitos? Makan Kacang ijo Bikin Orang Gampang Dapat Momongan

Kacang Ijo, Image oleh PDPics dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Di luar sana, ada beberapa klaim yang menyatakan bahwa konsumsi kacang ijo, sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Hal inilah yang kemudian membuat reputasi kacang ijo, akrab dengan pasutri yang menginginkan keturunan, namun belum juga dikaruniai momongan.

Pertanyaannya, benarkah makan kacang ijo dapat menungkatkan kesuburan, dan bikin orang lebih mudah dapat momongan?

(BACA JUGA:Bolehkah Makan Selai Kacang jika Diabetes?)

Well, Kacang ijo adalah salah satu konsumsi yang tinggi akan gizi penting, yang dibutuhkan tubuh manusia.

Di situ ada protein, karbo, serat, asam folat, magnesium, mangan, zinc, antioksidan dan masih banyak lagi.

Namun bagaimana dengan khasiat menyuburkan itu, apakah hanya sekedar mitos?

Menurut ahli, via Alodokter, tidak ada fakta medis yang menyebutkan bahwa makan kacang ijo itu baik untuk kesuburan.

"Belum ada penelitian yang membuktikan khasiat kacang ijo untuk meningkatkan peluang kehamilan".

Akan tetapi memang diakui, jika kandungan gizi yang dimiliki oleh kacang ijo ini, punya manfaat baik dalam menjaga organ reproduksi manusia.
"Namun, lain halnya dengan toge. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, kecambah yang berasal dari kacang ijo ini dinilai berpotensi dalam meningkatkan kesuburan".

Ada pun alasannya mengapa konsumsi toge ini dapat meningkatkan peluang kehamilan, karena mampu meningkatkan kualias sp*rma, yang diperlukan untuk pembuahan.

Manfaat Konsumsi Kacang Brazil

Makan kacang tanah bagi mereka dengan masalah kesehatan, seperti asam urat contohnya, sangatlah tidak dianjurkan untuk menghindari kumatnya kondisi yang menyerang persendian tersebut.  

Namun tahukah Anda, jika di dunia ini, jenis kacang tidaklah hanya terbatas pada kacang tanah saja. memiliki banyak jenis, kacang-kacangan juga menawarkan banyak manfaat sehat bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Seperti dilansir Prevention, mereka yang gemar mengkonsumsi satu porsi kacang Brazil, dapat membantu tubuh untuk memasok kebutuhannya akan selenium,  kandungan mineral yang satu ini dipercaya mampu menurunkan resiko seseorang terkena kanker, penyakit kardiovaskular, kemandulan, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.  

Selain kacang Brazil, kcang kenari juga menawarkan manfaat sehat yang jarang disadari orang. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, seseorang dapat mendorong daya ingat, konsentrasi dan  kecepatan memproses informasi otak.

Temuan ini dibuktikan dalam sebuah studi University of UCLA. Tidak kalah hebat dengan lainnya, kacang macadamia. menurut sebuah studi yang dirilis pada Journal of Nutriotion, diklaim sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dan jika bicara kacang yang baik untuk menurunkan risiko penyakit kencing manis, maka kacang pistachios adalah jawaranya. Konsumsi satu porsi kacang pistachios perharinya, diklaom mampu menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan fungsi tubuh dalam memproses insulin dan glukosa. (


Sumber: