Terkini

Pilihan


Kalau Arus Balik Lebaran Macet Parah, Menhub Punya Jurus Alternatif Rekayasa Lalu Lintas

Kalau Arus Balik Lebaran Macet Parah, Menhub Punya Jurus Alternatif Rekayasa Lalu Lintas

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Cikampek-Jakarta, terpantau mulai kembali ke kota asal. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyiapkan rekayasa alternatif apabila lalu lintas di Tol Transjawa menuju Jakarta macet parah saat arus balik Lebaran 2022.

Rekayasa lalu lintas tersebut yakni dengan membatasi kendaraan dari kota-kota di utara pantai Jawa untuk masuk ke jalur Tol Transjawa.

(BACA JUGA:Kemacetan Parah Terjadi, Puncak Arus Balik Malam Ini, Cikampek ke Karawang Ditempuh Tiga Jam )

"Saya sudah berbincang dengan Pak Kakorlantas bahwa rekayasa kelima itu adalah memanfaatkan dan membatasi perjalanan dari kota-kota yang ada di utara pantai Jawa. Ada Cirebon, Brebes, lalu Pekalongan, Tegal, Batang, Kendal," kata Budi di gerbang tol Cikatama KM 70, Cikampek, Jawa Barat, Minggu, 8 Mei 2022.

Alternatif rekayasa lalu lintas lainnya, kata Budi, dengan mengalihkan kendaraan yang berada di one way Tol Semarang arah Jakarta menuju jalur arteri di kota-kota tersebut.

"Kalau terjadi suatu kemacetan yang luar biasa, maka bisa jadi yang one way pun kita keluarkan ke kota-kota itu. Atau sebaliknya dari kota-kota itu kita tidak perbolehkan masuk ke one way," tuturnya.

(BACA JUGA:Info Arus Balik Lebaran, Ini Jam Rawan Macet di Tol Jakarta-Cikampek, Mulai Pukul...)

Selain mengurai kemacetan, menurut Budi, pengalihan arus lalu lintas itu diyakini bisa berdampak pada sektor ekonomi dan pariwisata sejumlah kota di utara pantai Jawa.

"Dan ini sebenarnya punya dampak wisata yang bagus. Mereka bisa rest area dengan lebih santai. Mereka bisa memberikan kebangkitan ekonomi kota-kota itu," terangnya.

Sebab, kata Budi, berdasarkan pantauan, pihaknya menilai sejumlah jalur arteri di utara pantai Jawa terlihat lengang dibanding tol.

(BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, Kemenhub: Hingga H+4, 60 Persen Pengguna Kendaraan Belum Kembali)

"Jadi kalau nanti ternyata sampai Bawen, itu padat sekali, jalur yang ada di pantai utara dari beberapa hari ini kita lihat lengang, ya," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: