Telat Mens tapi Ada Gejala PMS, Apa Mungkin Bisa Hamil? Ini Jawab Dokter

Telat Mens tapi Ada Gejala PMS, Apa Mungkin Bisa Hamil? Ini Jawab Dokter

Mens, Menstruasi, Haid, Datang Bulan | Image oleh Saranya7 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mens Anda sedang terlambat datang, dan Anda aktif berhubungan intim dengan pasangan, meski salah satu atau kedua dari Anda menggunakan alat kontrasepsi.

Anda sendiri juga merasakan gejala PMS, nyeri di area payud*ra, berjerawat selain juga mood yang naik turun.

Pertanyaannya, hal itu bisa menandakan jika mens Anda pada akhirnya akan juga datang, atau masih ada potensi terjadinya kehamilan?

(BACA JUGA:Nyeri Pinggul hingga ke Kaki saat Berdiri? Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Ahli)

Menurut dr. Velika Devina, wanita dengan kriteria seperti di atas, masih tetap berpotensi mengalami kehamilan.

"Meski Anda merasa mengalami gejala PMS, kemungkinan Anda mengalami suatu kehamilan tetap ada,"  kata dr. Velika Devina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Karena pada dasarnya tidak ada metode kontrasepsi apa pun yang dapat mencegah kehamilan 100%," tambahnya.

Ada pun untuk memastikan hamil atau tidaknya dengan menggunakan test pack, dapat dilakukan dalam kurun satu pekan usai keterlambatan.

"Bila Anda ingin memastikan (hamil atau tidak) dapat mencoba melakukan pemeriksaan test pack kehamilan, bila Anda sudah mengalami keterlambatan minimal 7 hari sejak tanggal seharusnya anda haid," jelasnya.

Namun jika hasilnya tetap negatif, dan Anda juga belum kedatangan 'tamu', kata dr. Devika, Anda bisa kembali mengulangi proses ini satu pekan setelah tes pertama.

"Bila hasilnya negatif tetapi Anda masih tetap belum mengalami haid, Anda dapat mencoba kembali setiap 1 minggu sejak tes terakhir," tambahnya.

Akan tetapi, lanjut dia, apabila kondisi ini berlangsung selama satu bulan, hasil negatif dan mens juga tak kunjung tiba, maka kunjungan ke ruang dokter kandungan sangat dianjurkan.

"Anda dapat mencoba berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan, untuk dipastikan apa penyebab lain keluhan Anda dan penanganan yang paling sesuai".

Ada pun upaya yang bisa ditempuh untuk memperlancar proses datang bulan menurut dr. Velika Devina, adalah dengan menjalakankan gaya hidup sehat.

Makan teratur dan bergizi, menghindari diet ekstri m dan stres berlebih, juga olahraga rutin 30 menit setiap hari, adalah yang dimaksud.

Selain tidur yang cukup, menghindari konsumsi obat tanpa anjuran dokter juga tidak kalah pentingnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: