Nyeri Pinggul hingga ke Kaki saat Berdiri? Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Ahli

Nyeri Pinggul hingga ke Kaki saat Berdiri? Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Ahli

Skiatika, Image oleh Tumisu dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda orang tua atau punya orang tua yang mengalami nyeri saat memijakkan kaki?

Rasa nyeri itu mulai dari pinggul hingga ke kaki? Inilah yang ditanya orang dalam sesi tanya dokter di situ telemedicine Tanah Air.

Jawabannya menurut dr. Riza Marlina, rasa nyeri di pinggul hingga ke kaki itu dapat dipicu oleh beberapa sebab.

(BACA JUGA:Pinggang Terasa Nyeri dan Sakit? Begini Cara Mengatasinya)

Selain karena hernia nucleus pulposus atau saraf kejepit, kondisi ini juga dapat disebabkan skiatika, radang sendi dan cedera otot.

Untuk lebih tepatnya, mereka dengan keluhan seperti di atas, disarankan untuk memeriksa kondisi mereka langsung ke dokter.

"Untuk memastikan penyebabnya memang perlu pemeriksaan secara langsung ke dokter," kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Dengan menemui dokter akan dilakukan berbagai pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti cek darah, foto rontgen, ct-scan, mri dan lainnya," jelasnya.

Ada pun dokter yang dituju untuk masalah ini, menurut dr. Riza Marlina, adalah dokter spesialis saraf.

Dengan demikian, mereka dengan keluhan di atas, diharapkan bisa menerima terapi yang tepat, untuk mempercepat proses penyembuhan.

Tips untuk meringankan gejala nyeri yang dikeluhkan adalah seperti mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat, penggunaan pereda nyeri (paracetamol), atau juga bisa dengan berenang.

Pusing dan Nyeri Dada

Merasa pusing, dibarengi sakit punggung dan nyeri dada, selain tenggorokan terasa kering.

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa, via Alodokter, kondisi yang digambarkan ini tidaklah spesifik, yang artinya dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Menurut dr. Amadeo, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti Penyakit asam lambung, iritasi lambung, infeksi virus selain juga dikarenakan radang tenggorokan.

Oleh sebabnya, dr. Amadeo menyarankan untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat.

Menurut dia, penyebabnya selain yang disebut di atas, juga masih bisa disebabkan oleh kondisi lain, dan akan sangat tergantung dengan hasil pemeriksaan tenaga kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: