Puncak Arus Balik Dimulai Hari Ini, Rekayasa Lalin di GT Kalikangkung Diterapkan Mulai Pukul 14.00 WIB

Puncak Arus Balik Dimulai Hari Ini, Rekayasa Lalin di GT Kalikangkung Diterapkan Mulai Pukul 14.00 WIB

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, pada hari ini meninjau penanganan arus b-BKIP Kemenhub-

SEMARANG, FIN.CO.ID - Mulai hari ini, Jumat 6 Mei 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022 mendatang, diprediksi menjadi puncak arus balik di jalur tol mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai ke Jakarta. 

Rekayasa lalu lintas (lalin) mulai diterapkan hari ini, Jumat 7 Mei 2022 pada pukul 14.00 WIB.

(BACA JUGA:Pengamat: Hasil Pembangunan Infrastruktur Pemerintah dan BUMN Mulai Dinikmati Masyarakat)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, pada hari ini meninjau penanganan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Menko Muhadjir mengatakan, penanganan lalin pada arus balik dimulai pada sore ini. “Mudah-mudahan tidak ada gangguan, semua aman dan sehat sampai tempat asal,” ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat 6 Mei 2022.

Pada kesempatan yang sama Menhub Budi Karya menjelaskan, dalam rangka mencegah kemacetan di masa arus balik, telah disepakati untuk dilakukan rekayasa lalu lintas yang dimulai hari ini sampai dengan Senin 9 Mei 2022.

Sementara untuk penerapannya, akan ditentukan berdasarkan diskresi dari Kepolisian, sesuai dengan kondisi kepadatan lalu lintas di lapangan. 

(BACA JUGA:Persiapkan Arus Balik Lebaran, Tol Kalikangkung hingga Cikampek Disterilisasi )

“Ini merupakan upaya kami yang telah ditugaskan untuk mengawal mudik yang aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi,” ucap Menhub.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengharapkan kerja sama dari masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik untuk berkendara dengan selamat dan tertib. 

“Pada arus balik, biasanya kondisi sudah capek, jadi mesti hati-hati dalam berkendara,” katanya.

Kakorlantas Firman menjelaskan, penerapan rekayasa lalin akan diterapkan menyesuaikan dengan dinamika kondisi lalu lintas di lapangan, jadi sewaktu-waktu bisa berubah. 

(BACA JUGA:Breaking News: Tol Layang MBZ Ditutup, Imbas Kepadatan Lalin KM 48 Arah Cikampek)

Ia mengimbau kepada masyarakat yang terkendala dampak dari rekayasa lalin ini dapat menggunakan jalur arteri dan memanfaatkan waktu malam hari untuk melakukan perjalanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: