Pengamat: Hasil Pembangunan Infrastruktur Pemerintah dan BUMN Mulai Dinikmati Masyarakat

Pengamat: Hasil Pembangunan Infrastruktur Pemerintah dan BUMN Mulai Dinikmati Masyarakat

Ilustrasi - Jalan tol milik Jasa Marga-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID  -- Pengamat Kebijakan Publik Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai tak banyaknya permasalahan yang berarti di mudik lebaran kali ini tak lepas dari ketersediaan infrastruktur yang memadai. 

Sebagaimana diketahui, selama Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan infrastruktur terus dikebut.

(BACA JUGA:Terpantau, 120.000 Kendaraan Bergerak ke Arah Jakarta)

"Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah melalui Menteri BUMN Erick Thohir sudah menunjukan hasil yang positif. Meski terjadi kemacetan, namun dampak pembangunan infrastruktur yang dilakukan Erick sudah dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Trubus pada Jumat 6 Mei 2022.

Trubus mencontohkan, infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara, benar-benar memberikan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan konektivitas.

Menurut Trubus, kebijakan membangun infrastruktur yang dilakukan selama ini melalui BUMN memiliki banyak manfaat.

Trubus menilai, utang yang besar untuk membangun jalan tol akan tertutup dengan prestasi pemerintah dalam memberikan layanan terbaik kepada publik. 

(BACA JUGA:Sering 'Paksa' Jamaah Untuk Sedekah, Ternyata Uangnya Oleh Ustaz Yusuf Mansur Digunakan Buat Ini)

Infrastruktur jalan tol yang dibangun pemerintah melalui BUMN memberikan solusi konkret mengurangi dampak kemacetan akibat mudik lebaran. 

"Jika tak ada pembangunan jalan tol, pasti terjadi kemacetan arus mudik yang luar biasa," ucap Trubus.

Terkait antrean panjang di Pelabuhan Merak, menurut Trubus bukan karena keterbatasan infrastruktur pelabuhan yang secara kapasitas Pelabuhan Merak sudah sangat memadai untuk menampung arus mudik dan balik lebaran. 

Trubus menyebut hal ini terjadi lantaran belum ada pemisahan antara logistik dan penumpang. Menurutnya pelabuhan barang harus dipisahkan dengan pelabuhan penumpang dengan memanfaatkan Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bojonegara.

(BACA JUGA:Miyabi Sampai 'Risih' dan Takut, Vicky Prasetyo Tawarkan Biayai Kebutuhan di Bali Asalkan.....)

"Penumpukan penumpang di masa mudik lebaran kali ini bukan karena keterbatasan infrastruktur pelabuhan. Tetapi karena pengelolaan pelabuhan yang tak optimal. Infrastruktur pelabuhan yang dibangun pemerintah melalui BUMN cukup," lanjutnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: