Anda Mengeluhkan Perut Nyeri dan Terasa Panas? Ini Daftar Penyakitnya

Anda Mengeluhkan Perut Nyeri dan Terasa Panas? Ini Daftar Penyakitnya

Sakit Perut, Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengeluhkan rasa nyeri dan perut yang terasa panas? Ada juga rasa mual disertai dengan tenggorokan yang berlendir, dan jantung yang berdebar?

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah nyeri perut disertai sensasi panas ini umumnya disebabkan oleh masalah pada lambung.

"Kemungkinan disebabkan oleh gangguan lambung, misalnya karena gastritis, tukak lambung, bahkan kanker lambung," kata dr. Nadia seperti dikutip dari Alodokter.

(BACA JUGA:Penyebab Perut Sakit Dilihat dari Letaknya, Hernia, Usus Buntu, ISK dan Lainnya)

(BACA JUGA:Suka Mengeluh Perut Sakit, Mual dan Demam? Awas Batu Ginjal)

Ada pun keluhan yang dirasakan ini tidak hanya mengganggu kerja dari lambung itu sendiri, akan tetapi organ lain di sekitarnya.

"Gangguan pada lambung ini biasanya menyebabkan dindingnya mengalami iritasi, sehingga membuatnya meradang, memproduksi asam berlebihan".

Ketika hal itu terjadi, lanjut dr. Nadia Nurotul Fuadah, tenggorokan, jantung dan organ lainnya, pun akan terkena imbasnya, lewat keluhan yang disebut di atas.

Jika penyebabnya bukan berasal dari lambung, beberapa penyebab lainnya yang bisa dikaitkan dengan keluhan ini, adalah gastroesophageal reflux disease, tonsilofaringitis, alergi makanan, dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa menentukan pemicunya, kunjungan langsung ke ruang dokter sangatlah dianjurkan, apalagi jika kondisi ini sudah berlangsung lebih dari tiga hari.

"Bila perlu, selain memberi obat, dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk menjalani tes darah, USG, endoskopi, rekam jantung, atau tes penunjang lainnya," tambahnya.

Sementara itu untuk meringankan keluhan yang ada, Anda dapat menggunakan kompres hangat yang diletakan pada area perut yang terdampak.
Namun ia mengingatkan untuk tidak melibatkan aktifitas seperti pijatan di area perut.

Selain itu, makan dalam porsi terbatas, tiap 3-5 jam sekali, tidak kalah pentingnya.

Unturk urusan pantangan, Anda tidak dianjurkan untuk makan pedas, pedas, berminyak, dingin dan mengandung gas, tinggi serat dan berkafein.  

Selain menghindari tidur sehabis makan, banyak minum air putih juga penting untuk meredakan keluhan perut nyeri dan panas yang dikeluhkan.

(BACA JUGA:Perut Kembung dan Sering Buang Angin? Ini Daftar Penyebabnya)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: