H1 - H2 Lebaran, Volume Lalin Melintas Gerbang Tol Cileunyi Naik 43,86 Persen

H1 - H2 Lebaran, Volume Lalin Melintas Gerbang Tol Cileunyi Naik 43,86 Persen

GT Cileunyi. Dok: Jasa Marga-Istimewa-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Terhitung pada H1 sampai dengan  H2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, atau periode 2 hingga 3 Mei 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat peningkatan volume transaksi yang melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi. 

Marketing and Communication Department Head, Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti melaporkan, volume lalu lintas transaksi keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi tercatat sebanyak 79.695 kendaraan.

(BACA JUGA:Arus Mudik Penyeberangan Jawa-Sumatera, Tercatat 894.063 Penumpang dan 209.460 unit Kendaraan)

"Jumlah itu meningkat 43,86 persen dari lalin new normal yaitu sebanyak 55.396 kendaraan," ujar Irra dalam keterangannya, Rabu 4 Mei 2022. 

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi, tercatat 58.232 kendaraan atau meningkat 5,91 persen dibanding lalu lintas new normal sebanyak 54.968 kendaraan. 

Irra melanjutkan, sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna jalan di Ruas Tol Cipularang serta untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan serta mendistribusi lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta, atas diskresi Pihak Kepolisian dilakukan rekayasa lalu lintas dengan pengoperasian jalur fungsional Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan. 

(BACA JUGA:Horor! Tol Jakarta-Cikampek Macet 42 Km, Pemudik Pilih Lanjutkan Perjalanan Lewat Jalur Arteri)

"Tercatat sejak dioperasikan tanggal 28 April 2022 sampai dengan 3 Mei 2022, sebanyak 2,761 kendaraan melintas di jalur tersebut," ungkap Irra. 

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan, serta memperhatikan jadwal-jadwal rekayasa lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. 

Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, 1 e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar. 

(BACA JUGA:Sering 'Paksa' Jamaah Untuk Sedekah, Ternyata Uangnya Oleh Ustaz Yusuf Mansur Digunakan Buat Ini)

"Lakukan pembaharuan informasi lalulintas di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui aplikasi Travoy 3.0, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: