Malam Takbiran, 30.000 Kendaraan Masih Akan Padati Jalan Tol untuk Mudik Lebaran

Malam Takbiran, 30.000 Kendaraan Masih Akan Padati Jalan Tol untuk Mudik Lebaran

Kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat ini, Sabtu 30 April 2022 pukul 01.00 dini hari WIB, diambil dari fly over Bekasi Barat-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jajaran Polri memprediksi masih ada 30.000 ribu kendaraan akan memadati jalan tol meninggalkan Jakarta pada malam Takbiran.

Kendaraan tersebut akan meninggalkan Jakarta dengan tujuan kota-kota di Jawa dan Sumatera untuk mudik Idul Fitri 1443 H.

Dijelaskan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, 30.000 kendaraan tersebut akan memadati jalan tol pada malam takbiran Minggu, 1 Mei 2022 atau usai Salat Idul Fitri pada Senin, 2 Mei 2022 pagi.

(BACA JUGA:Total 1,6 Juta Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jabodetabek Lewat Tol Selama 7 Hari)

"Kita tinggal tunggu saudara-saudara kita yang berangkat nanti malam pas malam takbiran, atau besok setelah shalat. Itu di dalam 30 ribu (pemudik) tadi ya," katanya, Minggu, 1 Mei 2022.

Firman sempat mendatangi Command Centre Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, guna memastikan kelancaran kondisi lalu lintas dari arah Jakarta menuju ke timur.

Firman optimis arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek akan tetap normal tanpa rekayasa arus kendaraan, meski diperkirakan 30.000 kendaraan akan bergerak pada malam takbiran atau usai Shalat Idul Fitri.

(BACA JUGA:Volume Kendaraan Capai 105 Ribu, Pecahkan Sejarah Rekor Mudik)

Untuk itu, Firman menuturkan aparat kepolisian memutuskan untuk mengakhiri pemberlakuan sistem satu arah (one way) dari KM 70 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalingkangkung.

"Hari ini angka (kendaraan) sudah turun, dari prediksi, sisa 30 ribu, padahal Sabtu kemarin padat mencapai 85 ribu hingga Cipularang tersendat," ujar Kakorlantas.

Firman menyatakan 30.000 kendaraan yang tersisa masih dapat ditampung di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam kondisi normal.

"Jadi, 'one way' kita akhiri jam 12.00 WIB sesuai prediksi dan masyarakat berperan penting mau berangkat tertib dan awal," ujar Firman.

Sebelumnya, Korlantas Polri memberlakukan sistem satu arah untuk memecah kepadatan pemudik pada Sabtu (30/4) pukul 22.00 WIB.

Diskresi tersebut dimulai dari KM 70 Tol Jakarta-Cikampek sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 414.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: