News

Pengakuan Sopir Bus AKAP Soal Kelangkaan Solar, Bahkan Pembelian Dijatah

fin.co.id - 28/04/2022, 20:23 WIB

mudik

BEKASI, FIN.CO.ID - H-4 Hari Raya Idulfitri pengemudi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP)mengungkapkan mulai terjadi kelangkaan bbm jenis solar. 

Saat berbincang dengan fin.co.id, salah satu supir bus AKAP, Sarimin (46) mengungkapkan, kendala berat para pengemudi bus AKAP saat mudik ini adalah kelangkaan bahan bakar solar. 

(BACA JUGA: Kawasaki Ninja Vs Truk, Pemudik dan Kernet Tewas Seketika, Begini Kronologinya)

"Kalo macet ga jadi kendala sih, tapi kalau kelangkaan soar, ini yang bahaya," ucap Sarimin saat bertemu dengan fin.co.id Kamis, 28 April 2022 di Bekasi, Jawa Barat. 

Menurutnya, kelangkaan solar ini sangat berbahaya terjadi ketika musim mudik Lebaran seperti ini. 

Karenakan jalur yang dilalui macet, tidak senormal pada hari biasanya dan sangat berbahaya jika di jalur mudik terjadi kelangkaan solar.

"Ini pengaruh banget ya mas, karena bahaya kalo kita kena macet terus di jalur saat ini kondisinya macet parah," ungkapnya.

(BACA JUGA: H-4 Lebaran, Kendaraan Roda Dua Mulai Padati Bekasi, Pemudik Diprediksi Terus Bertambah Hingga Sahur)

Sarimin menerangkan area jalur yang saat ini sangat langka solar terjadi di wilayah jalur Jawa Barat terutama area Cirebon.

Namun ia memastikan, selama melayani mudik Lebaran ketika bus keluar dari garasi sudah dalam kondisi solar penuh.

"Biasanya tuh langka di daerah Cirebon, di pom bensin besar di wilayah situ juga solar langka tapi bus kita saat keluar garasi solar sudah dalam kondisi penuh," jelasnya.

Kelangkaan solar ini juga berimbas terhadap pengisian bahan bakar kendaraan bus di jalan.

(BACA JUGA: Pemudik di Agen Bus Bulak Kapal Bekasi Membludak Hingga Ke Jalan, Tiket Ludes Terjual)

Ia menjelaskan ada beberapa rekan pengemudi lainya yang saat akan mengisi bahan bakar hanya dibatasi beberapa liter saja.

"Ya paling sekarang kalo beli di jatah solarnya, seharusnya jangan dibatasin ya, soalnya ini kan kita bawa penumpang," terangnya.

Admin
Penulis
-->