Cara Mengembalikan Bentuk Kaki seperti sediakala, setelah Kena Kaki Bunion

Cara Mengembalikan Bentuk Kaki seperti sediakala, setelah Kena Kaki Bunion

Kaki Bunion, Image oleh cnick dari Pixabay----

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda memiliki bentuk kaki seperti di gambar, di mana sendi jempol kaki terlihat condong ke luar? Kondisi ini bernama kaki bunion.

Menurut ahli, kaki bunion disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat.

Kondisi ini ditandari dengan rasa nyeri pada sendi ibu jari. Secara fisik, sendi dapat terlihat kemerahan dan membengkak, juga terasa kaku saat digerakan.

(BACA JUGA:Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Kerupuk? Ini Kata Dokter)

Tidak hanya menyakitkan saat bergerak, kaki bunion bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman bahkan saat diam.

Pertanyaannya, apakah minum obat saja cukup untuk menghilangkan benjolan yang terlihat di sendi ibu jari kaki itu?

Jawabnya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah bisa saja ukuran benjolan ini mengecil seiring waktu, dan tentunya dengan konsumsi obatan tertentu.

"Namun memang, sisa tonjolan yang ada bisa bertahan lebih lama lagi, bahkan mungkin perlu dilakukan tindakan yang lebih invasif, seperti operasi agar bentuk ibu jari Anda bisa kembali baik seperti sediakala," jelas dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Pada beberapa kasus, dokter bisa juga menganjurkan agar dilakukan fisioterapi, dan modalitas terapi lain untuk mengembalikan fungsi jari Anda," tambahnya.

Saran dr. Nadia untuk ke depannya, untuk lebih rajin dalam menjaga kebersihan ibu jari dan kaki secara keseluruhan.

Menggunakan sepatu yang nyaman, dengan ukuran yang tepat dengan kaki juga tidak kalah pentingnya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol asam urat, dengan menghindari beberapa makanan penyebabnya, salah satunya protein hewani.

"Memperbanyak minum air putih, dan rutin mengkonsumsi obat sesuai saran dokter. (Serta) tidak sembarangan mengurut ibu jari yang bermasalah

Apa Itu Asam Urat

Asam urat adalah kondisi kesehatan yang bertanggungjawab, atas pembengkakan di sendi-sendi tubuh Anda, lebih sering di kaki.  

Sangat menyakitkan, mereka dengan sendi yang meradang akibat tingginya kadar purin dalam tubuh, akan kesulitan untuk beraktifitas dengan normal, ketika kondisi ini memburuk.  

Tidak ingin terus-menerus jadi langganan radang sendi,  Anda mungkin ingin merubah  pola hidup Anda mulai dari sekarang,  Salah satunya, selain olahraga tentunya, dengan mengubah konsumsi harian Anda, dan mulai lebih sering mengkonsumsi pisang sebagai gantinya.

Menurut Healthline, pisang yang rendah akan kadar purin itu, dapat membantu Anda, menurunkan produksi uric acid, yang bertanggungjawa atas kondisi ini.  

Tidak berhenti di pisang, konsumsi lainnya, seperti telur, kentang, tahu dan pasta, juga diklaim ahli, paling cocok untuk menurunkan kadar purin dalam tubuh.  

Selain itu, beberapa konsumsi seperti makanan dan minuman tinggi gula, daging merah, tetelan, seafood dan alkohol, wajib dijauhi agar terhindar dari kondisi yang dimaksud

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: