Prabowo di Atas Angin, Survei Terbaru, Paling Mantap Pasangan dengan Ganjar Pranowo

Prabowo di Atas Angin, Survei Terbaru, Paling Mantap Pasangan dengan Ganjar Pranowo

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo -Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Survei Indikator Publik Nasional (IPN) menunjukkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) 2024 menempati posisi teratas. 

Peneliti Senior IPN Ike Sihotang menjelaskan, bahkan, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencapai lebih dari 50 persen. 

(BACA JUGA:Elektabilitas Prabowo Subianto Mulai Tergusur Ganjar Pranowo)

"Jika disimulasikan head to head dengan sejumlah tokoh," kata Ike, Rabu, 27 Apri 2022.

Dari survei yang dilakukan IPN, bila Prabowo Subianto berhadapan dengan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Puan Maharani maka elektabilitasnya berada di atas 50 persen.

Dari hasil survei itu, kata dia, jika Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar hari ini, elektablitas Prabowo mencapai 26,9 persen disusul Ganjar Pranowo 16,8 persen, dan Anies Baswedan 14,3 persen.

Di urutan keempat ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan angka 5,1 persen, berikutnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,2 persen, lalu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan perolehan tiga persen.

(BACA JUGA:Perempuan Milenial Akui Jatuh Cinta Kepada Ganjar Pranowo, Dukung Jadi Capres 2024)

Dalam surveinya, IPN juga membuat empat varian simulasi secara berpasangan dengan tiga pasang calon saling berhadapan bila Pilpres dilaksanakan hari ini.

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto -Ganjar Pranowo memperoleh elektabilitas di atas 50 persen, dan menang dalam satu putaran.

"Ganjar paling dapat mendongkrak elektabilitas Prabowo dibanding pasangan cawapres lain dan kemungkinan Pilpres akan berjalan satu putaran saja," kata Ike.

Sementara, pasangan Prabowo-Puan dan Prabowo-Anies, meskipun menang tetapi hanya mendulang angka elektabilitas di bawah 50 persen.

(BACA JUGA:Popularitas Ridwan Kamil Melejit, Tinggalkan Anies Baswedan dan Ganjar, Beda Tipis dengan Prabowo)

Adapun simulasi lain jika Ganjar dipasangkan dengan Anies disebut bisa mengalahkan pasangan Prabowo-AHY dengan tingkat keterpilihan kurang dari 50 persen, dan kembali maju di putaran kedua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: