Cara Mengubah Password WiFI Router

Cara Mengubah Password WiFI Router

Cara Merubah Password WiFi, Image oleh oleh Lorenzo Cafaro dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Untuk suatu alasan, Anda baru saja mengganti dan memasang WiFi router baru di rumah Anda.

Kini akses akan WiFi Anda secara default, adalah mengikuti settingan pabrikan dari router yang Anda gunakan.

Ingin mengubah password WiFi rumah Anda sesuai dengan yang dikehendaki, berikut ini cara mengubahnya sesuai dengan merek WiFi router yang Anda gunakan:

(BACA JUGA:Agar Sinyal WiFi di Rumah Jadi Ngacir)

TP-Link

Pastikan Anda sudah terkonek pada WiFi, dan di browser PC atau perangkat mobile Anda, masukan URL berikut, 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 (pilih salah satu).

Masukan username dan password yang terlihat di layar, ketik "admin" (huruf kecil semua) di kedua kolom yang ada.
Setelah login, pilih Wireless, Wireless Security, WPA/WPA2 dan masukan password yang dikehendaki pada kolom Password, lalu Save.

D-Link:

Pastikan Anda sudah terkonek pada WiFi, dan di browser PC atau perangkat mobile Anda, masukan URL berikut, 192.168.1.1 / 192.168.0.1 (pilih salah satu).

Masukan username dan password yang terlihat di layar, ketik "admin" (huruf kecil semua) di kedua kolom yang ada.

pilih Wireless, Wireless Security, dan pilih WPA2 Only pada Security Mode, dan pada Pre-Shared Key masukan password yang Anda kehendaki dan apply.

Netgear

Pastikan Anda sudah terkonek pada WiFi, dan di browser PC atau perangkat mobile Anda, masukan URL berikut, 192.168.1.1,  192.168.0.1, atau http://routerlogin.com/, pilih salah satu.

Untuk login, ketik admin dan admin pada username dan password.

Setelah login, pilih Wireless, Security Options, piliha WPA2-PSK [AES], dan masukan pasword yang dikehendaki pada Passphrase, dan apply.

Yang Perlu Anda Ketahui soal WiFi 6E

Beberapa produsen sudah mengeluarkan model router Wi-Fi 6E mereka. Namun pertanyaannya, apa sih yang ditawarkan Wi-Fi 6E dan membuatnya beda dengan WiFI 6?

Well, menurut TechRadar, teknologi yang mendasari Wi-Fi 6E tidaklah jauh berbeda dengan WiFi 6 yang sudah ada kini.

Namun dengan menggunakan spektrum radio 6GHz ke sinyal Wi-Fi, berarti akan ada lebih banyak saluran koneksi yang tersedia untuk digunakan perangkat pada kecepatan Wi-Fi 6.

Dengan Wi-Fi 6E ini, kecepatan dan kelancaran koneksi akan jauh lebih baik, memangkas masalah speed yang down, atau koneksi yang kerap terputus.

Wi-Fi 6E juga memungkinkan perangkat yang terhubung ke router memiliki lebih banyak bandwidth untuk digunakan, memaksimalkan kecepatan yang ditawarkan.

Secara teori, router Wi-Fi 6E mampu menghadirkan empat kali lipat lebih banyak saluran untuk digunakan, selain lebih cepat dan stabil.

Adapun kecepatan internet yang didukung oleh router Wi-Fi 6E ini adalah lebih dari 1Gbps.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: