Prof Henri Subiakto: Anies Itu Nasionalis Tapi Ingin Berkuasa, Dia Digandeng Penunggang Agama

Prof Henri Subiakto: Anies Itu Nasionalis Tapi Ingin Berkuasa, Dia Digandeng Penunggang Agama

Profesor Henri Subiakto-Twitter-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Guru besar Universitas Airlangga (Unair), Profesor Henri Subiakto ikut menanggapi kebersamaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di lokasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara pada Senin 26 April 2022. 

Prof Henri lalu menjelaskan sikap politik Anies Baswedan yang dulunya merupakan pendukung Jokowi pada Pilpres 2014 silam. Henri mengatakan, bahwa Anies itu adalah nasionalis.

"Anis dulu memang pendukung Jokowi. Anis itu aslinya nasionalis yang menghormati tenun kebangsaan," jata Henri di Twitter-nya, Selasa 26 April 2022. 

Henri mengatakan, ketika hendak menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun hingga saat ini tidak bisa lepas dari politik agama. Sebab dia banyak didukung oleh para penunggang agama.

(BACA JUGA:Di Depan Ka'bah, Jokowi Didoakan Lengser Sebelum 2024, Prof Henri: Dengki Menutup Sanubari)

"Tapi karena ingin berkuasa, diapun menerima saat didukung dan digandeng para penunggang agama. Anispun jadi identik dan sulit dilepaskan dari kelompok mereka. Bahakan jadi simbol perjuangan politik agama," tutur Henri Subiakto. 

Sebelumnya, Anies Baswedan mendampingi Presidein Jokowi mengecek langsung kesiapan Formula E di Ancol.

Anies terlihat menyopiri Jokowi menggunakan mobil buggy golf saat meninjau sirkuit Formula E.

Presiden Jokowi mengatakan trek balapan Formula E sudah siap. Jokowi juga memberikan catatan terkait persiapan Formula E. Dia berharap masyarakat bisa melihat Formula E pada Juni mendatang.

(BACA JUGA:Pesan Keras Fraksi Golkar ke Anies Baswedan: Tolong Jangan Hanya Pentingkan Pencitraan! )

"Ya saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap," kata Jokowi.

"Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya," ujar Jokowi.

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan trek sirkuit Formula E sudah 100 persen selesai. Namun paddock hingga grand stand penonton masih dalam proses pembangunan.

"Kalau untuk treknya sudah 100 persen selesai, sekarang yang dalam proses pembangunan adalah paddock, grand stand, kemudian pagar nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang untuk melindungi," ujar Anies.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: