Cara Mengubah Faskes Tingkat 1 BPJS Kesehatan, Cukup Pake HP Aja Langsung Kelar

Cara Mengubah Faskes Tingkat 1 BPJS Kesehatan, Cukup Pake HP Aja Langsung Kelar

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda pengguna aktif BPJS, dan sangat bergantung pada layanan fasilitas kesehatan tingkat 1 (faskes tingkat 1).  

Mau itu urusan periksa kesehatan, mengurus rujukan rumah sakit, hingga meminta resep obat PRB, faskes tingkat 1 memainkan peran yang teramat penting, dalam proses pelayanan kesehatan.

Akan tetapi, pada beberapa kasus, mereka yang membutuhkan layanan ini, berada berjauhan dari faskes tingkat 1 di mana mereka terdaftar.

(BACA JUGA:Perkenalkan, Ini Alat Tes COVID Baru, Cukup Ditiup Hasil Keluar Kurang dari 3 Menit)

Mereka yang habis pindah rumah atau domisili misalnya, akan mendapati faskes tingkat 1 mereka berjauhan dari tempat tinggal baru mereka.

Untuk kasus yang seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki atau diganti, dan hanya membutuhkan akses internet dari HP Anda.

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN, dari Play Store jika Anda menggunakan HP Android, atau App Store untuk pengguna iOS.

Setelah itu, masuklah ke akun BPJS Anda dengan mengisi nomor BPJS dan password.

Jika baru pertama kali menggunakan Aplikasi ini, yang perlu dilakukan adalah mengisi data-data yang diminta pada layar.

Dan pastikan memilih password yang tidak mudah Anda lupakan begitu saja.

Jika sudah terdaftar dan login, pilih Menu Lainnya lalu pilih Perubahan Data Peserta.

Pada layar berikutnya, tepatnya di menu Fasilitas Kesehatan Tingkat 1, pilih lokasi faskes tingkat 1 yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Pastikan GPS pada HP Anda sudah aktif atau menyala saat proses ini. Dengan demikian, aplikasi Mobile JKN akan mencari lokasi faskes tingkat 1 terdekat dari Anda.

Anda sendiri dapat melihat jarak tempuh faskes tingkat 1, dan memudahkan Anda ganti faskes tingkat 1 terdekat, yang masih memiliki slot kosong untuk Anda daftarkan.

Setelah itu, cukup tekan Simpan seperti yang terlihat pada bagian bawah menu Mobile JKN Anda. Perubahan Ini akan langsung terupdate secara instan.

Kini lokasi Anda dan faskes tingkat 1 yang baru, akan lebih mudah untuk dijangkau.

Perlu dicatat pula, perubahan faskes tingkat 1 hanya bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, jadi jangan sampai salah pilih faskes yah!

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: